PMI Imbau Masyarakat Jangan Lengah Meski Vaksin COVID-19 Diuji Klinis

Jakarta – Palang Merah Indonesia (PMI) menghimbau masyarakat untuk tidak lengah dalam menjalankan protokol pencegahan COVID-19 meski saat ini dilakukan uji klinis pada vaksin COVID-19.

“Uji klinis vaksin Sinovac ini tidak lantas membuat masyarakat lengah dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19,” ujar Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1570 votes

Dia menambahkan sepanjang obat dan vaksin belum ditemukan dan dilakukan intervensi pencegahan maupun pengobatan, maka cara terbaik adalah menghindari risiko.

Baca Juga :  Dampak Psikologis saat Gerhana

Virus corona jenis baru itu, menular melalui interaksi antarmanusia. Untuk itu perlu kebijakan pemerintah dalam mengurangi kontak antarmanusia.

“Kalau mau mengerem laju penularan, kebijakan yang diambil otoritas harus mengarah pada meminimalkan kontak,” kata dia.

Sudirman menambahkan PMI tidak terlibat dalam uji klinis vaksin Sinovac. Namun, apabila ditugaskan untuk menjadi bagian uji klinis maka PMI langsung sigap.

“Kami tidak ikut dalam proses teknis dan ‘scientific’ semacam itu. Bila kami ditugasi untuk menjadi bagian dari uji klinis, misalnya menyiapkan relawan untuk uji coba, kami akan lakukan yang terbaik,” terangnya.

PMI juga telah berpartisipasi dalam pengembangan vaksin dan obat COVID-19. Pembahasan vaksin tersebut sudah pernah dilakukan melalui diskusi dalam forum kepalangmerahan internasional.

Baca Juga :  Marak PMI Kabur Gaji Tak Sesuai, Faktanya Memang Tak Prosedur

“Kami lakukan untuk membahas perkembangan vaksin dan obat. Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional siap menjadi mitra otoritas dalam pengembangan vaksin dan obat,” tambah dia.

Pakar epidemiologi, Pandu Riono, menambahkan uji klinis vaksin membutuhkan proses panjang. Uji klinis vaksin pada umumnya bisa berlangsung antara enam hingga 12 bulan.

“Uji klinis ini tujuannya mencari efek kemampuan melindungi penduduk yang terinfeksi. Kita lagi mencari vaksin yang efektif dan aman, jadi masih panjang,” kata dia.

Disamping itu, sebelum pemerintah melakukan uji klinis vaksin Sinovac lebih jauh, sebaiknya memperjelas kerja sama dengan China.

Baca Juga :  Dokter: Tidur yang Baik Hanya Memerlukan Waktu Awal 5-15 Menit

“Apakah kerja sama ini menjadi bagian dari ‘multicenter study’ sama seperti negara lain, Brazil juga India, atau ada tujuan lainnya. Kenapa kok Indonesia bisa mendapatkan keistimewaan untuk mendapatkan vaksin, itu perjanjiannya bagaimana? Biasanya dalam perkembangan vaksin, memang di ujicoba dari banyak negara, namanya ‘multicenter study’,” kata dia.

Pandu meminta masyarakat tidak tergesa-gesa mengharapkan vaksin tersebut segera ada, karena masih pada tahap uji klinis.

“Kalau menjamin keamanan ke masyarakat itu, ya belum. Masyarakat harus diajak tetap mengikuti protokol kesehatan, bukan sekadar imbauan saja,” kata dia.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *