oleh

Dirgahayu KNPI Ke-47

Oleh: Erick Hendrawan

(Ketua DPD KNPI Kota Tarakan)

DI USIA hampir setengah abad, KNPI selalu hadir dalam setiap momen dan selalu tampil sebagai penengah bahkan menjadi solusi dari kemelut persoalan kebangsaan.

Hari ini, tepat 47 tahun yang lalu KNPI berdiri, sudah tak terhitung tokoh publik yang lahir dari penempaan kawah candradimuka organisasi kepemudaan, politisi, birokrat, pengusaha, ulama, akademisi, hingga beberapa pihak yang hari ini terus menerus berada di luar lingkaran kekuasaan dilahirkan dari rahim KNPI.

Terkhusus KNPI Tarakan, kami menyadari bahwa masih banyak aksi nyata yang masih jauh dari harapan para pemuda maupun komunitas di Kota Tarakan. Kami pun secara terbuka menerima kritik dan saran demi kemajuan serta kelangsungan roda organisasi ini berjalan sesuai aturan main (konstitusi).

Adapun hari ini DPD KNPI mengambil sikap sebagai mitra strategis dari pemerintah. Menjadi mitra strategis mungkin bukanlah sebuah keuntungan, akan tetapi berangkat dari niat kami yang ingin mengawal roda pembangunan yang pada akhirnya membawa kemaslahatan untuk masyarakat Kota Tarakan.

Tak luput dari perhatian kami, ialah gelaran pesta demokrasi yang akan digulirkan tahun ini. Banyak tokoh yang terpanggil untuk turut serta membangun Kaltara, khususnya kota Tarakan. Kami tidak anti politik, tapi kami ingin politik santun dan beretika yang dipertontonkan para masing-masing bakal calon pemimpin Kaltara.

Kami menyadari bahwa Kota Tarakan sebagai cermin dan gerbang utama Kaltara. Dengan jumlah pemilih terbesar di antara kabupaten lain, tentunya akan menjadi magnet tersendiri bagi kandidat maupun tim pemenangannya dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat agar menjatuhkan pilihan kepada mereka. Tentunya kami berharap akan ada adu gagasan, narasi, serta argumentasi yang kuat dalam menjual programnya kepada masyarakat.

Tapi kami juga menggaris bawahi, bahwa Tarakan sebagai daerah dengan geopolitik heterogen tentunya memiliki karakteristik tersendiri. Bagi kami KNPI Tarakan, menjaga dan mengamankan kepentingan hajat hidup masyarakat Tarakan menjadi prioritas tersendiri.

DPD KNPI Tarakan mengajak seluruh stakeholder dan elemen anak bangsa agar menjaga suasana kondusif dalam gelaran pesta demokrasi kepala daerah provinsi Kalimantan Utara.

Akhirnya dalam momentum HUT KNPI ke 47 ini, kami menyampaikan terima kasih kepada para mantan ketua, senior KNPI yang telah meletakkan pondasi organisasi hingga KNPI, khususnya di Kota Tarakan masih eksis hingga saat ini. Semua itu tak terlepas dari dukungan segenap komponen dalam menyukseskan serta menyelesaikan dinamika kepemudaan di Kota Tarakan.

Dirgahayu KNPI ke-47,  “Energy of Harmony, Pemuda Maju Negara Kuat”.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed