oleh

Nunukan Zero Pasien Covid-19, Pekan Depan Ditarget Menjadi Zona Hijau

NUNUKAN – Akhirnya pasien covid-19 di Kabupaten Nunukan telah dinyatakan sembuh total. Dari 44 orang terkonfirmasi positif dan beberapa hari lalu menyisakan 1 orang, akhirnya hari ini, Senin (20/7/2020) dinyatakan sembuh oleh Jujur Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan, Aris Suyono.

Pasien terakhir ini merupakan pasien nomor 38 yang menjalani isolasi secara mandiri, yang mana pasien ini merupakan tanpa gejala.

“Pasien nomor 38 hari ini telah kita nyatakan selesai menjalani isolasi secara mandiri, tentunya dengan banyak pertimbangan. Yang mana pasien ini adalah terkonfirmasi tanpa gejala. Dari 44 orang pasien terkonfirmasi hari ini sudah 100 persen dinyatakan sembuh,” kata Aris Suyono kepada media ini.

Selain itu, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah melaksanakan analis risiko di semua kecamatan yang ada di Nunukan pada 18 Juli 2020. Kendati demikian, saat ini Kabupaten Nunukan masih berstatus zona kuning atau dalam risiko rendah.

“Saat ini kita memasuki transisi dari zona kuning ke zona hijau. Dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Nunukan, 20 kecamatan sudah kita kategori zona hijau, kita menyisakan 1 kecamatan yang masih kategori zona kuning, yakni Kecamatan Nunukan. Hal itu dikarenakan adanya penemuan pasien nomor 44, yang ditemukan pada tanggal 17 Juni 2020 lalu,” jelasnya.

Sedangkan persyaratan untuk memasuki zona hijau, selain harus memenuhi 24 indikator, juga harus memenuhi persyaratan antara lain angka kesembuhan mencapai 100 persen, dan dalam waktu 4 pekan berturut-turut di wilayah tersebut tidak lagi dijumpai penambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 yang baru.

“Mudah-mudahan di minggu ke 4 ini jika tidak menemukan kasus, maka minggu depan kita sudah memasuki zona hijau,” harapnya.(*)

 

Reporter: Darmawan

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed