oleh

Masyarakat Balansiku Sebatik Diberikan Edukasi Terkait Adaptasi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi Covid-19

NUNUKAN – Pemerintah daerah kabupaten Nunukan, melalui puskesmas Kecamatan Sebatik, di Desa Balansiku memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat hidup sehat melalui aktifitas fisik dan rajin berolahraga.

Menuju tatanan baru atau kehidupan baru ditengah pandemi Covid-19. Sehingga masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan, seperti mencuci tangan dengan sabun, dan menggunakan masker ketika berpergian serta lainya.

Sekitar 40 peserta yang mengikuti sosialisasi adaptasi kebiasaan baru dan pembudayaan germas terdiri dari pemerintah Desa, PKK, Kader Kesehatan serta petugas dari Puskesmas Sei Taiwan.

Kepala Desa Balansiku H. Firman mengatakan, adaptasi kebiasaan baru ini akan tetap diupayakan di Desa Balansiku dan pembudayaan germas akan dilakukan oleh Pemerintah Desa dan semua lembaga yang ada di Desa.

Baca Juga :  7 Prioritas Penindakan Pelanggaran Selama Operasi Patuh Kayan 2021 di Nunukan

Peran aktif Pemerintah Desa sangat diperlukan untuk memberdayakan seluruh elemen di masyarakat, baik itu dari tingkat terendah RT-RW untuk tetap melaksanakan aktifitas sehari-hari dengan memperhatikan secara ketat protokol kesehatan.

“Warga juga kami himbau agar rajin cuci tangan di air mengalir pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer menggunakan masker jika keluar rumah atau pergi bekerja, jaga jarak serta protokol kesehatan lainnya untuk dapat dijadikan suatu kebiasaan baru di tengah masyarakat Kabupaten Nunukan khususnya di Kecamatan Sebatik ini,” Kata H. Firman, Ahad (19/7/2020).

Baca Juga :  1.000 Dosis Vaksin Jenis Sinovac Disuntikan kepada Warga Sebatik

Melalui Kegiatan ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan melalui UPT Puskesmas Sei Taiwan dengan Program Promosi Kesehatan dan Kesehatan Kerja, olah raga melakukan Intervensi secara massif, mengedukasi, membina dan memberdayakan masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru, membudayakan gerakan masyarakat Hidup sehat dengan tujuan masyarakat Kabupaten Nunukan, mampu mandiri menjaga kesehatan, mengambil peran dan siaga mengidentifikasi masalah kesehatan di lingkungan tempat tinggal mereka di mulai dari tingkat RT di desa.

Sementara itu, Yahya, A.Md.Kep selaku Pelaksana Kesehatan Kerja dan Olah Raga mengatakan kegiatan yang dilaksanakan di Desa Balansiku ini adalah Kegiatan lanjutan dari Kegiatan Challanges pembinaan olahraga tetap sehat dan bugar di masa Pandemi yang telah dilaksanakan oleh Direktorat Kesehatan Kerja dan Olah paga pada 23 Mei-20 Juni 2020 lalu, diikuti oleh Tenaga Kesehatan teladan dan Nusantara Sehat se-Indonesia.

Baca Juga :  Gelar PTM, 572 Pelajar SMPN 1 Nunukan Jalani Vaksin Covid-19

Wakil Tenaga Kesehatan Kalimantan Utara asal Kabupaten Nunukan ini meraih tempat Terbaik Ke – 2 dengan Kegiatan Inovasi “Workout at Home” yaitu Berlatih, berolahraga dilakukan dengan sendiri, bersama keluarga di rumah, di ruang tempat kerja dan dimana saja dengan protokol kesehatan yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemic Covid-19 dengan sasaran kegiatan Para pekerja Informal rumput Laut.(*)

Reporter: Darmawan
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed