oleh

Mendagri Apresiasi Seluruh Kepala Daerah di Kaltara Terhadap Kesiapan Anggaran Pilkada 2020

TARAKAN – Kunjungan kerja ke lebih dari 10 provinsi di Indonesia termasuk Kalimantan Utara, Jumat (17/7/2020) kemarin. Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri), Tito Karnavian mengapresiasi seluruh kepala daerah di Kaltara terhadap kesiapan anggaran untuk melaksanakan Pilkada serentak kepada KPU dan Bawaslu secara total.

“Setelah saya muter lebih 10 provinsi jujur saya katakan bahwa satu-satunya provinsi yang sudah memberikan 100 persen untuk KPU dan Bawaslu daerah, itu hanya Kalimantan Utara,” kata Tito Karnavian kepada awak media di Ballroom Tarakan Plaza.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada rekan-rekan kepala daerah di Kaltara, sehingga ini tidak ada alasan bagi teman-teman KPU dan Bawaslu untuk tidak bekerja karena anggaran sudah ada,” sambungnya.

Kesiapan anggaran Pilkada dari APBD maupun APBD untuk KPU dan Bawaslu ini dinilai Tito sangat penting. Pasalnya, selain bakal ada penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS), dana itu juga digunakan untuk pembelian alat perlindungan Covid-19 bagi penyelenggara, aparat keamanan dan pemilih nantinya.

Sedangkan anggaran dari APBN yang dilakukan dengan tiga tahapan dengan tahap pertama yang kini sudah diterima, mantan Kapolri ini meminta agar dana tersebut dikelola dengan baik dan tak menimbulkan konflik. Khususnya, konflik kekerasan dalam pelaksanaan Pilkada.

Tito juga menekankan, agar pengelolaan dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini tak menjadi media penularan Covid-19. Dengan cara, dibuatnya aturan dari KPU yang berdasarkan protokol penanganan Covid-19 salah satunya tidak adanya konvoi atau arak-arakan untuk kampanye.

“Kemudian diatur rapat terbatas misalnya 50 orang, sehingga Bawaslu bisa semprit memberikan sanksi,” tandasnya.(*)

Reporter : Yogi Wibawa

Editor : Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed