Calon Kepala Daerah Diajak Berlomba Atasi COVID-19

Jakarta – Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) merupakan momen penting bagi para kandidat untuk berlomba ide dalam mengatasi pendemik Covid-19 di Tanah Air.

“Inilah saatnya para kepala daerah memberikan kontribusi maksimal. Penanganan pandemi COVID-19 tidak akan bisa diselesaikan hanya oleh pemerintah pusat, karena adanya sistem desentralisasi otonomi daerah,” kata Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1583 votes

Keberhasilan calon kandidat baik petahana maupun penantang sangat penting sebagai pertimbangan masyarakat pendukung karena sebagai tindakan konkret perlindungan bagi warganya.

Baca Juga :  Mendagri Minta Pj. Kepala Daerah Segera Penuhi Anggaran Pilkada 2024

Menurut Tito, momen penting ini bisa menjadi alat ukur kepedulian calon pemimpin mereka terhadap warga masyarakat yang akan mereka pimpin.

“Dengan demikian, pilkada adalah momen penting dan pas untuk ajang adu gagasan dan berbuat nyata secara maksimal bagi para kontestan dalam menangani pandemi COVID-19 dan dampak sosial ekonominya,” tegas Tito.

Bukti keberhasilan pesta demokrasi, menurut Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Akmal Malik, dapat belajar dari Korea Selatan (Korsel) yang lebih dulu menggelar pemilu di tengah pandemi COVID-19.

Baca Juga :  Mendagri Tegaskan Penjabat Kepala Daerah Ikut Pilkada Harus Mundur

Korsel, kata dia, mampu memikat partisipasi pemilih yang meningkat dari 58 persen menjadi 62 persen, dengan melibatkan partisipasi aktif para kontestan pilkada.

“Salah satu temuan penelitian mereka adalah karena masalah COVID-19 ini menyentuh semua masyarakat, sehingga akhirnya 29 juta pemilih menjadi sangat ‘concern’ dengan isu COVID-19. Isu COVID-19 menjadi isu sentral dalam kampanye,” tutur Akmal.

Baca Juga :  Terdakwa Masih DPO, Kasus Money Politic Bergulir di PN Nunukan

Sementara itu, pengamat kebijakan publik, Sujono HS mengatakan, pelaksanaan pilkada ditengah pandemi COVID-19 membutuhkan partisipasi semua pihak, baik penyelenggara, para kandidat maupun masyarakat pada umum.

“Ini tanggungjawab kita bersama, harus saling peduli serta menjaga agar terlaksana dengan baik,” katanya.

Sujono mengatakan, momen penting ini harus mampu dimanfaatkan kandidat, maupun masyarakat pada umumnya untuk lebih terlibat secara masif dalam mempercepat penyelesaian dampak pandemi COVID-19.

“Kandidat selayaknya mampu mengajak pendukungnya berpartisipasi aktif dalam memerangi pandemik,” ucapnya. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *