Ketua MPR: Anggaran Pilkada Segera Direalisasikan Secara Optimal

Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong agar pemerintah dapat segera merealisasikan anggaran pemilihan kepala daerah serentak 2020 secara optimal.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Jakarta, Senin, memberikan respon tersebut karena hingga 10 Juli 2020 terdapat lebih dari 100 pemda dengan realisasi anggaran pilkada masih di bawah 50 persen dari anggaran yang disepakati dalam naskah perjanjian hibah daerah (NPHD).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1565 votes

“Segera membelanjakan dana hibah daerah dalam rangka memenuhi kebutuhan pilkada dan juga meningkatkan perhatian kepada pemerintah daerah dalam pemenuhan anggaran Pilkada 2020 sesuai yang tercantum dalam NPHD,” kata dia.

Baca Juga :  Golkar Tarakan Siapkan 4 Kader Terbaik ke Pilwali, Siti Laela Punya Kans Besar

Selain anggaran yang sudah tercantum di NPHD, anggaran tambahan pilkada sebesar Rp5.6 triliun untuk pengadaan alat pelindung diri (APD) sebagai salah satu syarat untuk memenuhi protokol COVID-19 didorong juga dapat segera dicairkan.

“Segera dicairkan dan disalurkan secara maksimal dan optimal di setiap daerah, guna memenuhi persiapan pilkada di tengah pandemik COVID-19 dapat berjalan secara baik dan matang,” kata Bambang Soesatyo.

Baca Juga :  Golkar Segera Buka Penjaringan, Syarwani Belum Nyatakan Maju Pilbup Bulungan 

Kemudian, menurut dia pemerintah juga perlu memetakan daerah-daerah yang masih kesulitan dalam realisasi anggaran Pilkada 2020.

“Khususnya daerah yang kapasitas fiskalnya rendah, agar dapat menjamin kualitas proses tahapan pilkada berjalan sesuai dengan ketetapan yang sudah disepakati,” ucapnya.

Jika pelaksanaan pilkada yang disepakati pada 9 Desember 2020 ini persiapannya masih kurang atau belum maksimal, maka Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong pemerintah dapat mempertimbangkan kembali agar pelaksanaannya dimundurkan.

Baca Juga :  Dampak Psikologis saat Gerhana

“Khususnya perihal anggaran yang masih menjadi kendala, dikarenakan pentingnya mengutamakan kualitas pilkada, juga menjaga kesehatan, keamanan seluruh penyelenggara pilkada dan juga masyarakat,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *