oleh

Menuju New Normal, Kesadaran Masyarakat Masih Kurang Terapkan Protokol Kesehatan

NUNUKAN – Virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 yang menjadi perbincangan dunia hingga kini belum juga ditemukan vaksinnya. Sehingga beberapa negara untuk dapat kembali bangkit agar tidak semakin terpuruk mengambil langkah menuju New Normal.

Dengan New Normal ini tentu beberapa kebijakan akan mengubah dari sebelumnya. Yakni sebelum terjadinya wabah Covid-19 saat ini.

New Normal juga telah direncanakan oleh pemerintah Indonesia hingga di tiap daerah, salah satunya di Kabupaten Nunukan. Ada beberapa aturan yang harus dijalankan dan dibiasakan dalam pencegahan penyebaran penularan virus.

Masyarakat diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan dengan air dan sabun sesering mungkin, menjaga jarak dan menghindari tempat keramaian.

Kepala Sub Bidang Kedaruratan BPBD Nunukan, Hasanuddin mengatakan, menuju tatanan baru atau new normal pihaknya akan mendukung upaya-upaya penindakan disiplin dalam bentuk pembinaan terhadap protokol kesehatan kepada masyarakat.

Sebelum melaksanakan penindakan disiplin, tim terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat hingga pertokoan dan kafe yang ada di Nunukan, agar dapat menaati perotokolan kesehatan.

“Kami sudah melaksanakan pembinaan terhadap disiplin protokol kesehatan, ternyata setelah kita lakukan selam 3 hari itu sangat luar biasa masyarakatan kita hampir 300 hingga 400 orang  tingkat kesadaran menggunakan masker masih kurang,” kata Hasanuddin, Jumat (10/7/2020).

Walaupun saat ini di Kabupaten Nunukan kasus konfirmasi positif Covid-19 sudah menurun atau mulai membaik dan mencapai 97,7 persen. Tapi tidak menutupkemungkinan virus tersebut bisa kembali jika tidak patuh terhadap protokol kesehatan. “Yang perlu ditegaskan ini adalah kepatuhan atau kesadaran masyarakat,” jelasnya.

“Jika melakukan perjalanan gunakanlah masker, terapkan etika batuk dan bersin, jaga jarak untuk menghindari terjadinya paparan virus dari orang ke orang lain, harus senantiasa menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter,” tegas Hasanuddin.

Yang takalah penting adalah menjaga kesehatan, selama berada di dalam rumah atau berkegiatan di luar rumah. Pastikan kesehatan fisik tetap terjaga dengan berjemur sinar matahari pagi selama beberapa menit, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan melakukan olahraga ringan. (*)

 

Reporter: Darmawan

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed