Mendagri Sarankan Olah Ballo’ Jadi Penawar Covid-19

GOWA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyarankan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel)  untuk mengolah tuak atau Ballo’ (minuman tradisional) sebagai hand sanitizer  penangkal virus Corona (Covid-19). Dia meyakini Ballo mampu mematikan Covid-19.

“Saya ngobrol sama Pak Gubernur, (Nurdin Abdullah), kan di sini banyak ballo. Ballo itu kan ditangkapi (disita) polisi, ditampung saja  kepala daerah, seperti arak Bali ditampung, mereka kerjasama dengan universitas, Balai POM, kemudian diubah menjadi hand sanitizer,” kata Tito di Kantor Gubernuran, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu (8/7/2020).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

Dia menuturkan, salah langkah mencegah Pandemi virus corona yang melanda  Indonesia, yakni kandungan alkohol di atas 65 persen dan diracik dalam bentuk hand sanitizer.

“Virus ini tak kuat dengan alkohol, etanol, 70-73 persen. Lalu nggak kuat dengan disinfektan yang mengandung pemutih serta asam yang keras. Karena Ballo baru 30-40 persen (alkohol) makanya harus dibuat dalam bentuk hand sanitizer,” imbuhnya.(*)

Reporter : Akbar
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *