Menag: Saudi Apresiasi Pembatalan Indonesia Kirim Calhaj

Jakarta – Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan Arab Saudi mengapresiasi keputusan Indonesia yang membatalkan pengiriman jamaah haji Indonesia tahun ini karena alasan keselamatan.

“Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al Thaqafi silaturahim ke Kemenag. Beliau menyatakan apresiasi dukungan Indonesia terhadap keputusan Saudi membatasi jamaah haji tahun ini,” kata Menag dalam Rapat Dengar Pendapat di DPR sebagaimana dipantau daring dari Jakarta, Selasa.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1544 votes

Dia mengatakan Dubes Saudi mengatakan terdapat kesamaan alasan dengan pemerintah Indonesia dalam membatasi jamaah haji tahun ini, yaitu mengutamakan keselamatan jiwa manusia dalam situasi pandemi COVID-19.

Baca Juga :  Marak PMI Kabur Gaji Tak Sesuai, Faktanya Memang Tak Prosedur

Terkait kepastian kuota haji yang dipakai, Fachrul mengatakan Saudi belum memutuskan skemanya. Hanya saja secara umum, kuota haji tahun ini akan dipakai secara terbatas untuk warga Saudi serta ekspatriat yang sudah ada di negara Pelayan Dua Tanah Suci itu.

“Saya tanya apakah ada kuota khusus untuk kedutaan kita di Saudi, mereka bilang belum ada keputusan,” kata dia.

Baca Juga :  Dampak Psikologis saat Gerhana

Saudi, kata dia, hanya memberi kepastian bahwa kuota terbatas haji tahun ini sebanyak 10 ribu dialokasikan 70 persen untuk warga ekspatriat sementara 30 persen untuk warga negara setempat.

“Berdasarkan pengajuan baru mereka akan putuskan mekanisme kuotanya,” kata dia.

Sementara itu, dalam RDP dengan Kemenag pada Selasa tersebut memiliki agenda di antaranya evaluasi tentang pembatalan haji serta evaluasi kinerja dan anggaran program penanggulangan dampak COVID-19 di madrasah dan pesantren.

Baca Juga :  Marak PMI Kabur Gaji Tak Sesuai, Faktanya Memang Tak Prosedur

Agenda lainnya yaitu realokasi anggaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Tahun Anggaran 2020, pembahasan isu-isu aktual dan solusinya.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *