oleh

Hadiri Ramah Tamah dengan Danlantamal XIII Tarakan, Bupati Perkenalkan Wilayah Nunukan

NUNUKAN – Ramah Tamah Danlantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, SE., M.Si beserta jajarannya, dilaksanakan di Rumah Makan Lenflin Nunukan, Senin (06/07/2020) malam, dan dihadiri Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid, SE, MM.

Tampak pula hadir Danlanal Nunukan, Letkol Laut (P) Anton Pratomo, SE., M. Tr. Hanla beserta istri, Dandim 0911/Nnk, Letkol Czi. Eko Pur Indriyanto, SE., M.I. Pol., M.Tr. Han. Palaksa beserta Perwira Staf dan ibu-ibu Jalasenastri Lanal Nunukan, Wadan Satgas Pamtas Yon 623/BWU, Kapten Inf. Ariya, Kajari Nunukan, Yudi Prihastoro, SH., M.H, Ketua Pengadilan Negeri Nunukan yang diwakili hakim PN Nunukan, Daniel Beltzar, serta tokoh masyarakat Nunukan.

Pada kesempatan itu, Hj. Asmin Laura Hafid mengucapkan selamat datang kepada Danlantamal XIII Tarakan yang didampingi Istri, yang berkesempatan hadir dalam kunker kali ini. Tidak Bupati Nunukan memperkenalkan wilayah Kabupaten Nunukan yang memiliki luas wilayah 14.247,5 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai 209.922 jiwa.

Hingga sekarang Kabupaten Nunukan telah terbagi sebanyak 21 kecamatan yang penduduknya terkonsentrasi pada 3 titik, yaitu pulau Nunukan, pulau Sebatik, dan daratan Kalimantan yang disatukan dan dihubungkan oleh sungai, laut dan jalan darat maupun transportasi udara.

Dengan kondisi dan tantangan tersebut, menurut Bupati pemerintah daerah tidak menyurutkan langkah untuk terus melakukan pembangunan di seluruh wilayah Kabupaten Nunukan. Program-program kegiatan diselenggarakan untuk dapat mendorong perputaran perekonomian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bila melihat geografisnya, wilayah Kabupaten Nunukan yang terdiri atas 28 pulau ini tentunya disatukan oleh wilayah perairan yang terdiri dari sungai dan laut. Dengan kondisi yang demikian, maka tantangan sekaligus potensi bagi pemerintah daerah untuk mengelolanya untuk kesejahteraan masyarakat, daya dan upaya pemerintah dalam pengembangan potensi wilayah laut dan perairan lainnya terus dilakukan dengan berbagai program dan kegiatan,” kata Laura, Selasa (7/7/2020).

Hal tersebut tidaklah mudah, banyak tantangan yang harus dihadapi agar terus mengembangkan potensi tersebut. Baik itu potensi perikanan, potensi rumput laut, dan masih banyak potensi yang lainnya yang bisa terus digali.

“Dengan segala potensi kelautan tersebut, tentunya kita semua dihadapkan pada dinamikanya, baik yang timbul karena aktivitas keseharian masyarakat ataupun konsekuensi sebagai wilayah yang berbatasan dengan negara lain yang kerap kali berdampak pada permasalahan sosial, karena melanggar ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah negara kita,” jelasnya.

Dengan adanya silaturahmi seperti ini, sangat tepat untuk dapat membingkai sinergitas, menyelaraskan langkah dan menyatukan gerak, sehingga profil Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mampu melindungi dan menyejahterakan masyarakat, berharga dan bermartabat, sehingga tercermin di wilayah Kabupaten Nunukan ini.

Laura juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran Lanal Nunukan yang juga telah turut berperan dalam percepatan penanganan Covid – 19 di Kabupaten Nunukan. “Dalam tataran pelaksanaannya, pada kesempatan ini saya menyampaikan bahwa tim yang terdiri dari instansi pemerintah daerah, TNI, Polri, kejaksaan, dan unsur pendukung lainnya telah bekerjasama dengan maksimal. Demikian juga pada kesempatan hari ini saya mengapresiasi jajaran TNI Angkatan Laut, terkhusus Lanal Nunukan juga turut mendukung dan memberikan saran dan masukannya. Sinergitas ini kiranya dapat terus dipertahankan dan terus ditingkatkan, sehingga pandemi Covid-19 dengan segala dampaknya dapat dilalui dengan baik dan masyarakat tetap aman sehat dan produktif,” bebernya.

Sementara itu, Danlantamal XIII Tarakan, Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E, M.Si mengucapkan terima kasih atas sambutannya. Di mana kunjungan ini merupakan yang pertama setelah menjabat selama 5 bulan. Menurut Haris, Nunukan adalah “Teras Rumah Bangsa Indonesia” di mana wajah Indonesia itu sebetulnya dilihat oleh orang luar. “Apalagi nanti ALKI II ini akan menjadi ramai, wajah daripada Indonesia ini berada di Nunukan ini,” ucapnya.

Senada dengan yang disampaikan oleh Bupati Nunukan, bahwa sinergitas sangat diperlukan di Kabupaten Nunukan, baik TNI, Polri maupun pemerintah. Untuk itu demi efektivitas dalam menjalankan tugas ini, Haris sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak, baik dari pemerintah daerah, maupun satuan TNI lainnya beserta Polri dalam menjaga keamanan laut khususnya.

Selain itu, Haris mengakui pula bahwa Nunukan memiliki potensi daerah yang sangat maju dan berkembang pesat, kebersihan Nunukan juga bagus dibandingkan daerah lain. “Untuk itu mari terus memberikan dukungan pada pelaksanaan pembangunan daerah, mewujudkan Nunukan yang lebih maju,” ujarnya. (*)

 

Reporter: Darmawan

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed