Sampel Dikirim ke Surabaya, 5 Orang ABK KM Fuen Masih Menunggu Hasil

TARAKAN – Sebanyak 5 orang Anak Buah Kapal (ABK) KM Fuen 7 masih menunggu hasil dari laboratorium rujukan di Surabaya.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M. Kes melalui press release di Dinas Kesehatan Tarakan, Senin 29 Juni 2020.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1548 votes

“Dari hasil tracing dari Dinas Sosial (Dinsos) maupun ABK KM Fuen 7, masih ada sampel yang dikirimkan ke Surabaya dan masih menunggu hasil,” ujarnya kepada awak media, Senin 29 Juni 2020.

Baca Juga :  Pertamina Tambah Kuota BBM dan LPG untuk Kebutuhan Ramadan hingga Lebaran

Devi menjelaskan, dari tracing pada ABK KM Fuen 7 yang totalnya sebanyak 17 orang, tersisa 5 orang yang belum menerima hasil, sebanyak 8 orang dinyatakan positif dan hasil negatif sebanyak 4 orang.

Selain itu, dari Dinsos sebanyak 11 orang yang dilakukan tracing, 3 telah dinyatakan negatif, dan sampel dari 8 orang lainnya dikirim ke Surabaya dan masih menunggu hasil.

Baca Juga :  Ribuan Napi Lapas Tarakan Diusulkan Remisi ke Kemenkumham

“Kontak dengan tenaga kesehatan juga masih dikirim ke laboratorium rujukan, mengingat keterbatasan Cartridge yang ada, tidak semuanya diperiksa di Tarakan,” terangnya.

Beberapa sampel ada yg diprioritaskan diperiksa melalui TCM di Tarakan dan ada juga yang dikirim ke laboratorium rujukan jika cartridge sudah habis.

“Cartridge dari provinsi hanya sebanyak 200 unit, sedangkan untuk melakukan tracing, total cartridge yang dibutuhkan sangat banyak, saat ini Cartridge sangat terbatas,” tuturnya.

Baca Juga :  IMI Kaltara Pilih Jatim Sebagai TC Atlet Sebelum Laga PON XXI Aceh-Sumut

“Selain itu Virus Transport Media (VTM) juga banyak diperlukan. Karena pemeriksaan sampel di Tarakan terbatas, sebagian besar dikirim ke Surabaya. Sekitar ratusan sampel yang ada di Surabaya masih ditunggu hasilnya,” tutupnya.

Reporter : Matthew Gregori Nusa
Editor : Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *