900 Mahasiswa Baru UBT Akan Terima Beasiswa KIP Kuliah

REKTOR UBT AKAN SIAPKAN KERINGANAN PEMBAYARAN TERDAMPAK COVID-19

TARAKAN – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan 400.000 Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2020-2021, yang sekitar 900 kuota ini juga akan diberikan kepada mahasiswa Universitas Borneo Tarakan (UBT).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2011 votes

“Jadi sekitar 900 orang (penerima), sehingga hampir setengah lebih mahasiswa kita mendapatkan beasiswa dari KIP Kuliah ini,” ujar Rektor UBT, Prof. Adri Patton kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  Polres Tarakan Berikan Dispensasi Pengurusan SIM Mati saat Libur Lebaran

Sedangkan kriteria penerima beasiswa yang harus memiliki KIP, di samping prestasi, kata Rektor, hampir setiap tahunnya banyak mahasiswa UBT yang berasal dari wilayah lain di Kaltara setidaknya pihak kampus akan memberikan KIP Kuliah ini bagi mahasiswa yang kurang mampu.

“Seperti dari segi kondisi akibat Covid-19 telah mewabah. Termasuk usulan mahasiswa, berikan informasi sekali bahwa ketika pandemi ini banyak orang tua, mahasiswa yang terdampak. Ada yang diberhentikan, di PHK, dan permasalahan lainnya. Akhirnya, Uang Kuliah Tunggal (UKT) itu maka kita lakukan penyesuaian,” katanya.

Baca Juga :  Pemkot Tarakan Bakal Tinjau Kondisi dan Fasilitas Pantai Ratu Intan

Bahkan, ia menyebut akibat pandemi global ini, UBT sendiri juga akan menyiapkan keringanan lain bagi mahasiswa terdampak Covid-19, yang tak menerima beasiswa KIP.

“Paling sedikit mahasiswa yang kita turunkan itu, misalnya dari dia Rp 2,5 juta, nanti dia bisa bayar cuma Rp 1,750 juta. Diturunkan dua tingkat, termasuk dalam proses penerimaan mahasiswa baru kami akan melakukan itu. Bagi mahasiswa yang tidak mendapatkan KIP. Jadi misalnya yang biasanya dia bayar Rp 1,750 juta, mungkin nanti karena Covid-19 ini dia bisa Rp 500 ribu aja,” sebutnhya.

Baca Juga :  Pemilik Tagih Janji Setelah Tanah Dijadikan Jalan Pemakaman Covid-19

“Kemudian nominal KIP Kuliah yang diterima mahasiswa setiap bulannya sebesar Rp 750 ribu. Tapi dari Rp 2,4 juta dia bayar ke Universitas untuk program pembelajaran, artinya bebas SPP,” tandasnya.(*)

 

Reporter : Yogi Wibawa

Editor :M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Kak kip kuliah tuh mahasiswa PTN (perguruan tinggi negeri) aja ya yang bisa menerimanya kalau PTS (perguruan tinggi swasta ) bisa gak kak ?
    Dan apa sama jumlah uang yang diberikan ke mahasiswa diseluruh PTN indonesia kak yaitu 750.000 /bulan dan itu susah dipotong uang kuliah??