oleh

4 Tahun Kepemimpinan Laura-Faridil, Capai 6 Desa Mandiri, Melebihi Target IDM

NUNUKAN – Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid SE MM didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nunukan Serfianus, SIP menyaksikan penandatanganan berita acara penetapan status kemajuan dan kemandirian desa, yakni Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2020 di Kabupaten Nunukan, di Kantor Bupati, Jumat 26 Juni 2020.

Sebelum penetapan status desa ini, lebih dulu dilakukan verifikasi tingkat kabupaten. Hasil pengukuran IDM tahun 2020 ini telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengukuran Status Perkembangan Desa IDM.

Penandatanganan berita acara tersebut dilakukan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang Nunukan, Juni Mardiansyah, AP, Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD) Kabupaten Nunukan Jumianto, S.Sos dan Koordinator Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Nunukan Takdirah, ST.

Dikatakan Jumianto, Indeks Desa Membangun ini mempengaruhi status desa, seperti desa sangat tertinggal, jika dapat mengelola dana desa dengan baik serta tepat sasaran, itu akan bisa berubah status, nantinya akan naik menjadi desa berkembang hingga menuju desa mandiri.

“Masih ada lima tahapan yang harus bisa dilalui seperti indeks ketahanan, sosial, ekonomi dan beberapa indeks lainya. Itu merupakan kesatuan yang mana nanti data yang akan masuk di PMD akan kita kelola dan akan diberikan skor kepada desa yang sangat tertinggal atau desa maju dan seterusnya,” kata Jumianto, kepada benuanta.co.id.

Dari 232 desa di Nunukan, setiap tahun akan ada perubahan status. Seperti saat ini desa mandiri telah melebihi target IDM di masa kepemimpinan Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid dan Wakil Bupati Faridil Murad. Yakni dalam empat tahun sudah mencapai 6 Desa Mandiri. Padahal dalam IDM 5 tahun hanya 5 desa yang harus berubah status menjadi desa mandiri.

“Kita sudah melebihi target IDM, dan kita juga sudah terlepas dari kabupaten tertinggal. Walau geografis kita yang berbeda-beda di Kabupaten Nunukan dengan kecamatan kita, walau begitu kita akan berupaya agar bisa lebih baik lagi,” jelasnya.(*)

Setatus IDM dari tahun 2016 hingga 2020;

IDM 2016

Mandiri: 0

Maju: 2

Berkembang: 12

Tertinggal: 28

Sangat Tertinggal: 190

 

IDM 2018

Mandiri: 2

Maju: 5

Berkembang: 21

Tertinggal: 127

Sangat Tertinggal: 77

 

IDM 2019

Mandiri: 4

Maju: 11

Berkembang: 30

Tertinggal: 147

Sangat Tertinggal: 40

 

IDM 2020

Mandiri: 6

Maju: 12

Berkembang: 31

Tertinggal: 159

Sangat Tertinggal: 24

TOTAL DESA DI NUNUKAN 232 DESA

 

Reporter: Darmawan

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed