Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Gelar Pemeriksaan Rutin di Wilayah Perbatasan Negara

SEBUKU – Salah satu upaya menjaga stabilitas keamanan di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, personel Pos Salang Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 623/BWU melakukan pemeriksaan rutin bagi para pelintas batas di Jalan Provinsi hingga jalan setapak Desa Salang, Kecamatan Tulin Onsoi, Senin (22/6/2020).

Selain menjaga stabilitas keamanan negara, pemeriksaan yang dipimpin oleh Letda Inf Edi Sukatman sebagai Komandan Pos (Danpos) Salang Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 623/BWU beserta 11 personel itu juga dilakukan untuk mengantisipasi pelintas batas yang tak resmi, hingga penyelundupan barang-barang ilegal. Pemeriksaan ini berfokus pada identitas diri, dokumen kendaraan dan barang bawaan oleh pengendara.

Setiap pelintas dan kendaraan yang melintas di jalan Provinsi Desa Salang, baik dari Negara Indonesia maupun Negara Malaysia dilakukan pemeriksaan sesuai dengan prosedur yang berlaku terhadap segala sisi kendaraan yang digunakan pelintas.

“Pemeriksaan difokuskan pada identitas diri, dokumen kendaraan dan pelintas batas negara serta barang-barang yang dibawa oleh pengendara. Setiap pelintas dan kendaraan yang melintas, baik dari Negara Indonesia maupun Negara Malaysia dilakukan pemeriksaan sesuai dengan prosedur yang berlaku yang dimulai dari depan, bawah, dalam, atas dan belakang kendaraan,” ujar Danpos Pamtas RI-MLY Yonif 623/BWU, Letda Inf Edi Sukatman kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  Arus Balik di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Meningkat

Menurutnya, Jalan Provinsi merupakan jalur strategis bagi pelintas yang kerap dilalui oleh warga dari kedua negara maupun dari negara lainnya. Begitu juga upaya pencegahan pada jalan tikus agar kendaraan yang melintas terpusat melewati pos pemeriksaan.

“Kegiatan rutin pemeriksaan kendaraan yang telah dilakukan ini merupakan suatu tugas pokok tambahan yang harus dilakukan oleh Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 623/BWU dalam mendukung tugas sebagai Satuan Penugasan Pengamanan Perbatasan RI-MLY di Kalimantan Utara,” tegasnya.

Baca Juga :  Dua Hari Pencarian, Akhirnya 5 Motor Berhasil Dievakuasi

Sementara itu, Willi Nerson (56) salah seorang warga masyarakat yang melintas di Jalan Provinsi memberikan apresiasi positif atas kegiatan pemeriksaan rutin yang dilaksanakan oleh personel Satgas Pamtas Yonif 623/BWU.

“Hal ini sangat baik dilakukan demi mencegah terjadinya penyeludupan barang-barang terlarang, dan untuk bapak TNI saya mengucapkan terima kasih,” tukasnya.(*)

Reporter : Yogi Wibawa
Editor : Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *