oleh

Bertambah 9 Positif Covid-19, Satu di Antaranya Ibu Baru Melahirkan

JUMLAH KONFIRMASI POSITIF DI KALTARA MENCAPAI 188 ORANG

TANJUNG SELOR – Kasus Covid-19 di Provinsi Kaltara tampaknya kembali meningkat. Pasalnya didapati ada tambahan kasus positif yang cukup banyak. Terutama di Kota Tarakan pada hari ini terjadi penambahan kasus positif baru sebanyak 9 orang

“Data hari ini ada tambahan kasus positif sebanyak 9 orang dari Tarakan,” ungkap Jubir Covid Provinsi Kaltara Agust Suwandy kepada benuanta.co.id, Kamis 25 Juni 2020.

Dari 9 orang ini terbagi dari beberapa bagian, didapati ada 4 orang merupakan Tenaga Kesehatan di rumah sakit dan Puskesmas di Kota Tarakan yang terjangkit Covid-19. Dugaan ke 4 pasien dari transmisi lokal di Tarakan.

“Atas inisial NM usia 23 tahun, DS usia 34 tahun, MR usia 36 tahun dan SL usia 43 tahun semuanya berjenis kelamin perempuan. Mereka ini sehari-hari berhubungan dengan pasien Covid-19,” jelasnya.

Kemudian ada 4 orang lagi positif dari cluster anak buah kapal (ABK) Kapal FUEN 7. Karena sebelumnya dari cluster telah ada yang positif sebanyak 2 orang. Sisanya inilah kembali dinyatakan positif setelah menjalani pemeriksaan di laboratorium TCM RSUD Provinsi di Tarakan.

“Mereka merupakan ABK Kapal FUEN 7, tambahan dari 2 orang positif sebelumnya yang telah kami sampaikan,” bebernya.

Ke 4 orang ABK ini berinisial AM usia 35 tahun jenis kelamin laki-laki, AN usia 24 tahun jenis kelamin laki-laki, AM usia 24 tahun jenis kelamin laki-laki dan IV usia 21 tahun jenis kelamin laki-laki. “Dari 4 orang ini merupakan sisa 15 orang ABK yang diperiksa sebagai kontak erat,” ujarnya.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltara juga menerima hasil pemeriksaan TCM Tarakan, adanya 1 orang pasien yang melahirkan dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Pasien ini diduga dari transmisi lokal.

“Ada juga 1 orang dari pasien rumah, yang Post Partus (melahirkan) atas nama EP usia 35 tahun jenis kelamin perempuan,” ucapnya.

Dengan demikian jumlah kasus konfirmasi positif di Kaltara mencapai 188 orang. Sebarannya 62 orang di Tarakan, 33 orang di Malinau, 44 orang di Nunukan, 7 orang di Tana Tidung dan 42 orang di Bulungan. Kemudian yang dinyatakan sembuh belum ada, totalnya tetap mencapai 151 orang.

“Dengan kasus positif yang meninggal dunia 2 orang, sehingga yang masih menjalani perawatan sebanyak 35 orang,” sebut Agust.

Pihaknya menyampaikan keprihatinan dengan adanya beberapa Tenaga Kesehatan yang terpapar Covid-19. Dirinya terus menyemangati semua tenaga kesehatan untuk tetap waspada.

“Semoga cepat disembuhkan dan kepada Nakes lainnya agar tetap semangat menjalankan tugas dan lebih meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan SOP pemakaian APD sesuai pedoman Kemenkes,” tuturnya.

Lalu memperhatikan faktor resiko lainnya agar dapat terhindar dari transmisi terutama dari pasien yang diberikan penanganan. Juga kepada seluruh masyarakat dirinya mengimbau agar selalu berhati-hati dan tetap menerapkan protokol kesehatan. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed