oleh

Siap, Siaga dan Netral Jadi Fokus Utama Dandim 0910 Malinau Amankan Pemilu Mendatang

MALINAU – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) serentak, Dandim 0910 Malinau semakin mantapkan persiapan personel.

TNI Siap, Siaga dan Netral yang akan menjadi fokus utama Dandim 0910 Malinau untuk menjaga pemilu 2020 nanti.

Dandim 0910 Malinau LetkolmLetkol Inf Nopid Arif mengatakan, kalau 3 hal itu akan menjadi fokus utama dirinya dan para personelnya.

“Siap, siaga dan tetap netral tentunya. Karena saya selalu tegaskan kepada anggota saya untuk tidak berpolitik, meski diminta menjadi ketua RT sekalian. Karema itu bisa mencederai kemiliteran kita disini,” tegasnya.

Nopid juga menjelaskan, mengenai persiapan para personelnya baik diluar dan dalam lapangan. Menurutnya, persiapan diluar lapangan yang menjadi tantangan tersendiri bagi pihaknya untuk mengamankan pemilu yang akan datang.

Karena harus berhadapan dengan medan dan jarak, karena Malinau merupakan Kabupaten terluas yang ada di wilayah Kaltara.

“Persiapan dari dalam sudah kita mantapkan seperti pengumpulan data, sosialisai ke warga hingga rutin komunikasi dengan Polres, KPU dan Bawaslu Malinau,” ujarnya lagi.

“Namun untuk di lapangan  kita akan melakukan pemetaan dan penempatan personel di masing- desa sejak jauh hari, karena luas dan medan pedalaman Malinau yang lumayan sulit ditempuh,” pungkasnya.

Tak hanya itu saja, Kabupaten Malinau yang dekat dari perbatasan antar negara. Ternyata menjadi fokus utama Dandim 0910 Malinau. Karena rawannya akan isu-isu sara hingga isu ideologi.

“Untuk dikota itu jelas akan aman. Namun disituasi politik seperti ini tentu kita tidak boleh lengah dan terus memberika Pendidikan dini ke masyarakat pedalaman dan masyarakat dekat perbatasan. Agar tidak terprovokasi dengan isu-isu yang bisa memecah bela kita. Karena NKRI dan Pancasila itu harga mati buat kita dan warga Negara Indonesia,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed