oleh

Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Sulsel Tembus 4.048 Orang

MAKASSAR – Jumlah kasus positif virus Corona (Covid-19) di Sulawesi Selatan (Sulsel) menembus angka 4.048 orang, ada penambahan sebanyak 136 pasien baru hanya selang sehari. Dari 3.912 pasien menjadi 4.048 pasien, Selasa – Rabu (23-24/6/2020).

Berdasarkan data yang dikutip dari laman covid-19.sulselprov.go.id, ada 2.664 pasien positif saat ini ditangani pemerintah provinsi (Pemprov) Sulsel. Terbagi, 1.825 orang menjalani isolasi atau karantina mandiri di tempat yang telah disiapkan, dan 839 pasien sedang dirawat di rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 yang dipusatkan di kota Makassar.

Begitupun korban meninggal dunia akibat wabah ini, turut mengalami lonjakan, dari 146 naik 152 dengan presentase 3,8 persen. Meski demikian, angka kesembuhan di kategori ini turut mengalami grafis peningkatan. Tercatat ada penambahan 42 pasien yang sehat, dari 1.190 naik 1.232.

Walaupun merupakan daerah sebagai epicentrum penyebaran virus Corona terbesar di Indonesia di luar Pulau Jawa. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) meraih tiga predikat juara dalam lomba Inovasi ‘Daerah dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019’.

Kompetisi ini gelar Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), yang diikuti oleh seluruh daerah. Lomba terbagi dalam tiga kategori. Mulai tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Terdapat tujuh sektor lomba, yakni Sektor Pasar Tradisional, Sektor Mall, Sektor Transportasi, Sektor Restoran, Sektor Hotel, Sektor PTSP, dan Sektor Tempat Wisata.

Sulsel meraih Juara II sektor Pasar Tradisional, Juara III sektor Hotel, dan meraih Juara III sektor Tempat Wisata. Sedangkan untuk kategori kabupaten, Sinjai meraih Juara II Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan untuk Kategori Kota, Parepare meraih Juara III sektor Tempat Wisata.

Adapun pengumuman dilakukan di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kemendagri, Jakarta, Senin, 22 Juni 2020, dengan protokol kesehatan yang ketat, serta disaksikan secara virtual melalui Zoom dan Youtube Badan Litbang Kemendagri RI.

Atas keberhasilan ini, Sulsel mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo yang disampaikan kepada Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah, usai melaporkan perkembangan penanganan Covid-19 Sulsel di Istana Negara.

“Saat selesai memberikan laporan perkembangan Covid-19, apresiasi diberikan Bapak Presiden atas inovasi Gugus Tugas Provinsi Sulsel,” kata Nurdin Abdullah.

Diketahui, raihan sulsel pada sektor pasar tradisional, inovasinya yakni “BARUGA PASAR: Protokol Kesehatan Berbasis Teknologi Non Tunai di Pasar Tradisional di Sulawesi Selatan”. Sedangkan di sektor Hotel dengan inovasi program “Wisata Covid-19”. Untuk sektor Tempat Wisata dengan inovasi yakni “SulSel in Our Hand” atau “South Sulawesi in Our Hand” (SulSel dalam Genggaman) : New Normal Inovasi berbasis aplikasi dan barcode di destinasi wisata.(*)

Reporter: Akbar
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed