Aplikasi PPDB Online Sulit Diakses, Disdikbud Akui Ada Hambatan Pada Sistem

TARAKAN – Memasuki hari ketiga pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun pelajaran 2020/2021 tingkat SD dan SMP se-Kota Tarakan, masih terlihat antusias dari orang tua calon murid yang mendaftarkan anaknya ke masing-masing sekolah.

Meski secara umum pelaksaan PPDB berjalan baik, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tarakan, Tajuddin Tuwo mengakui, bahwa memang ada beberapa hambatan dari aplikasi yang menyebabkan data pendaftaran belum bisa diupdate.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1995 votes

“Ya jalan aja, baik aja. Tapi memang ada hambatan aplikasi, sehingga sampai saat ini belum bisa di update dengan baik seluruh data yang pendaftaran itu,” ujar Tajuddin Tuwo kepada benuanta.co.id, Rabu (23/6/2020).

Baca Juga :  Pemkot Tarakan Tak Berlakukan WFH bagi ASN

Namun, orang tua maupun calon murid tak perlu khawatir dengan data sistem aplikasi yang belum bisa diperbaharui itu. Sebab, kata dia, persoalan yang sedikit menghambat ini juga telah dilakukan perbaikan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Tarakan.

“Kalau dari operator jaringan itu bagus aja, memang ini dari aplikasinya. Tapi ini masih diupayakan lah (perbaikan) dari Diskominfo,” katanya

Baca Juga :  Polres Tarakan Berikan Dispensasi Pengurusan SIM Mati saat Libur Lebaran

Praktis, adanya kendala pada aplikasi PPDB online, pergeseran calon siswa yang mendaftar pun dilakukan secara manual.

“Memang ada beberapa lah yang utamanya tidak bisa (akses), seperti pengalihan siswa kan. Misalnya kalau SMP 2 sudah penuh, dan mau dialihkan ke SMP 1, itu tidak bisa karena ada gangguan aplikasi itu,” terangnya.

“PPDB tingkat SD dan SMP untuk jalur afirmasi dan jalur perpindahan orang tua atau wali, hari ini sudah diumumkan oleh masing-masing sekolah mulai pukul 12.00 Wita, meskipun pergeseran dilakukan manual,” tambahnya.

Baca Juga :  Arus Balik Padati Dermaga Pelabuhan Tengkayu I Tarakan 

Lanjut Tajuddin, jalur afirmasi dan perpindahan orangtua sudah diumumkan sesuai dengan jadwal, yakni pendaftaran dibuka 22 Juni hingga 23 Juni dan diumumkan tanggal 24 Juni.

“PPDB jalur prestasi dan zonasi baru dimulai, khusus zonasi mendaftar sampai hari terakhir tanggal 27, jalur prestasi sampai tanggal 25 Juni besok, jika jalur prestasi tidak terisi, maka secara otomatis akan diisi jalur zonasi,” tandasnya.(*)

Reporter : Yogi Wibawa.
Editor : Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *