oleh

Polres Bulungan Bakal Naik Tipe, Akan Dipimpin Pangkat Kombes Pol

TANJUNG SELOR – Berada di ibukota provinsi, Polres Bulungan bakal ditingkatkan tipenya menjadi Kepolisian Resort Kota (Polresta). Hal itu setelah mendapatkan kabar baik dari Asrena Mabes Polri untuk menaikkan statusnya.

“Mungkin tahun depan sudah naik Polresta, namun ini masih perlu dikaji. Memang yang belum naik tipenya hanya Polres Bulungan,” ungkap Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro kepada benuanta.co.id, Jumat 12 Juni 2020.

Pasalnya instansi vertikal seperti Kodim 0903 Tanjung Selor sudah naik tipe, dengan dipimpin oleh Dandim berpangkat Kolonel. Sehingga untuk Polresta Bulungan kedepannya akan dipimpin oleh pangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol). “Nantinya jabatannya dipimpin Kombes Pol, karena Dandim di sini sudah Kolonel,” ucapnya.

Persiapannya dari Polda Kaltara telah mengirimkan tlanstap atau tahapan-tahapan untuk menaikkan tipe Polres Bulungan.
Polres Bulungan yang membawahi 2 kabupaten yakni Bulungan dan Tana Tidung, dengan wilayah yang luas memang permasalahannya cukup kompleks. Terlebih di Bulungan ada polsek yang mem-backup beberapa kecamatan.

“Dengan naiknya tipe Polres ini akan berdampak, dengan wilayah luas maka membutuhkan personel pengamanan yang banyak. Paling tidak standar Polri itu 1 banding 200 itu harus tercapai,” jelasnya.

Daftar Susunan Personel (DSP) yang seharusnya terpenuhi untuk Polres Bulungan sebanyak 1600 orang. Sedangkan yang ada sekarang hanya 400 personel. “Saya sudah menghadap ke Kapolda dan Wakapolda agar personel Polres Bulungan jangan diambil lagi. Karena hampir semua susunan Polda Kaltara dari Polres Bulungan,” tuturnya.

Untuk polres baru di Kabupaten Tana Tidung sudah dipersiapkan, karena saat ini dalam proses pembangunan. Kata dia untuk Polsek atau Polsubsektor secara otomatis akan berdiri di setiap kecamatan. “Sekarang di sana sedang dilakukan pembangunan makonya,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed