Nunukan Dalam Persiapan New Normal, Secara Epidemiologi Sudah Layak

NUNUKAN –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan menggelar pertemuan menggunakan Virtual Meeting melalui aplikasi Zoom, yang diikuti oleh Forkompinda Nunukan bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dalam kesiapan Kabupaten Nunukan menuju penerapan sistem tatanan pola hidup baru (New Normal), yang dipimpin Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid, SE.MM, Senin (8/6/2020).

Untuk menjalankan pola hidup baru di tengah pandemi Covid-19 saat ini, tidak semua daerah secara serentak menjalankan hal itu. Pasalnya adanya persyaratan termasuk rumusnya yang mana hal itu sudah dipaparkan oleh tim medis kesehatan.

“Di Kabupaten Nunukan untuk menjalankan pola hidup baru sudah layak, kita tetap mengevaluasi setiap minggunya untuk mengetahui perkembangannya. Karena tidak menutup kemungkinan seluruh kebijakan bisa saja kita cabut kembali melihat situasi dan kondisi kita. Yang terpenting adalah melakukan pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Hj. Laura, Senin (8/6/2020).

Lanjut dia, tingkat kedisiplinan masyarakat yang masih kurang, kadang menggunakankan masker dan kadang juga tidak, ini yang menjadi tugas pemerintah untuk tetap melakukan sosialisasi termasuk tim gugus tugas, bersama TNI-Polri dalam mengawal rencana ini.

Baca Juga :  Antisipasi Kecelakaan Berlayar, Dishub Nunukan Batasi Jam Penyebrangan

“Ini tidak mudah, pekerjaan yang harus kita kerjakan dari tingkat kabupaten hingga desa dan RT. Segala sesuatu yang harus kita siapkan sebaik mungkin, termasuk dari kebijakan dari pemerintah daerah yang harus ada acuannya dan dasarnya,” jelasnya.

Banyak sektor perekonomian yang harus dibuka, menurut tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pusat, dan itu juga harus diatur untuk mengetahui makanisme dalam pengelolaannya. Bupati Hj. Laura langsung memerintahkan dinas terkait yang berhubungan dengan sektor ekonomi yang ada. Ia meminta untuk dapat menyiapkan protokol kesehatan di bidangnya masing-masing dalam new normal.

Baca Juga :  ASN Nunukan Diimbau Tidak Menambah Libur Lebaran

Hj. Laura berharap, di tatanan hidup baru nantinya masyarakatan harus disiplin, karena nantinya orang-orang akan beraktivitas seperti biasa, namun harus mematuhi beberapa peraturan protokol kesehatan. Yakini wajib pakai masker, face shield, social distancing, jaga jarak, dan lainnya. (*)

 

Reporter: Darmawan

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *