oleh

LKPj Bupati TA 2019: Pansus Sarankan Tingkatkan Produksi Jagung dan Kelapa Sawit

TANA TIDUNG – Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Tana Tidung Tahun Anggaran (TA) 2019 mendapat beberapa catatan dari Panitia Khusus (Pansus) DPRD KTT. Kali ini pada program yang dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, serta Kantor Inspektorat

Disampaikan Anggota DPRD KTT, Sitor Limbong, capaian program Dinas Komunikasi dan Informatika patut diapresiasi. Di mana presentase pencapaian 10 program dinas ini terbilang tinggi hingga mencapai 98,16 persen.

“Namun perlu untuk dijelaskan lebih rinci terkait kegiatan dalam setiap program yang disertai dengan persentase pencapainnya. Sehingga terjadi sinkronisasi antara klaim keberhasilan dengan capaian di setiap kegiatan. Jika dilihat pada laporan singkat pada bidang ini, keberhasilan 98 persen untuk semua kegiatan, berbading terbalik dengan permasalahan yang diungkapkan. Ditambah lagi, tidak tersedianya capaian antara fisik dan keuangan pada laporan ini,” sarannya.

Baca Juga :  Loka Monitor Frekuensi Tanjung Selor Lakukan Pendataan Radio

Politisi Partai NasDem ini melanjutkan, untuk Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan capaian kinerjanya juga hampir secara keseluruhan di atas 80 persen. Namun terdapat 1 program yang presentase capaian kinerjanya 34,99 persen, yakni program peningkatan penerapan teknologi pertanian/perkebunan. Sedangakan untuk capaian indikator kinerja utama pada tahun 2017-2019 masih ada beberapa yang masuk kategori kurang berhasil. Yakni pada produksi jagung dan produksi kelapa sawit. Padahal program ini sangat penting dalam peningkatkan produksi pertanian.

Baca Juga :  Akan Lakukan Perombakan ASN, Ibrahim Ali: Jangan Khawatir

“Sebagai rekomendasi kepada Pemerintah daerah untuk mengembangkan produksi jagung dan kelapa sawit, dengan senantiasa terus membangun inovasi dalam meningkatkan jumlah produksi pertanian, dengan memanfaatkan lahan secara efektif dan efisien,” ujarnya.

Kinerja yang juga mendapat apresiasi Pansus DPRD KTT adalah program dari Kantor Inspektorat. Pada 8 program di bidang ini terbilang tinggi, hingga mencapai di atas 80 persen. Adapun yang menjadi rekomendasi kepada pemerintah daerah adalah agar mengatasi persoalan yang dihadapi Inspektorat dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya.

Baca Juga :  Antisipasi Covid-19, Relawan Sandal Jepit Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Tana Tidung

“Yaitu dengan perlunya penambahan personel Inspektorat dan pengadaan sarana, prasarana, serta anggaran yang sangat penting menunjang kelancaran tugas pokok. Sehingga pelaksanaan dari program dan kegiatan dalam berjalan dengan efektif,” tutup Sitor Limbong sesuai dengan rekomendasi DPRD KTT yang termuat dalam LKPj.(*)

 

Reporter: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed