oleh

Disepakati, Pencoblosan Digelar 9 Desember 2020, Tahapan Pilkada Dimulai 15 Juni

KPU KALTARA HARI INI GELAR RAPAT KONSOLIDASI DENGAN KPU KABUPATEN KOTA

TANJUNG SELOR – Komisi II DPR RI bersama Mendagri, Bawaslu RI dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) RI telah melaksanakan rapat bersama membahas pelaksanaan pilkada serentak. Dalam rapat tersebut menghasilkan beberapa poin penting untuk keberlanjutan Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia.

“Hasil kesimpulan dengar pendapat ada beberapa poin. Salah satunya Komisi II DPR RI bersama Mendagri RI dan KPU RI setuju pemungutan suara serentak dilaksanakan pada 9 Desember 2020,” ungkap Ketua KPU Provinsi Kaltara Suryanata Al Islami kepada benuanta.co.id, Kamis 28 Mei 2020.

Hal itu sesuai dengan Perppu Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi undang-undang.

Poin kedua, Komisi II DPR RI menyetujui usulan perubahan Rancangan Peraturan KPU RI Tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wokil Wali Kota Tahun 2020 yang tahapan lanjutannya dimulai pada 15 Juni 2020.

“Dengan syarat bahwa seluruh tahapan Pilkada harus dilakukan sesuai dengan Protokol Kesehatan, berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19, serta tetap borpedoman pada prinsip-prinsip demokrasi,” jelasnya.

Kemudian poin terakhir, Komisi ll DPR RI meminta kepada KPU RI, Bawaslu RI dan DKPP RI untuk mengajukan usulan tambahan anggaran terkait Pilkada Provinsi, Kabupaten dan Kota secara lebih rinci untuk selanjutnya dibahas oleh Pemerintah dan DPR RI.

“Pemerintah harus siapkan penambahan anggaran untuk itu. Sambil menunggu arahan selanjutnya dari KPU RI, kami hari ini melaksanakan rapat konsolidasi dengan KPU kabupaten kota se Kaltara,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed