oleh

Covid-19 KTT: 4 Postif dan 42 ODP, PDP dan OTG Nihil

TANA TIDUNG – Perkembangan Covid-19 di Kabupaten Tana Tidung (KTT), secara akumulasi hingga Rabu 27 Mei 2020 hari ini, terdapat 4 kasus positif dengan gender dua laki-laki, dan 2 perempuan. Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 42 kasus, lalu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) serta Orang Tanpa Gejala (OTG) nihil.

Jubir Covid-19 Kabupaten Tana Tidung, M. Idham Noor mengatakan, berdasarkan data yang terkirim dari beberapa tempat pengambilan sampel, meliputi 2 sampel yang diambil dari Rumah Sakit Umum Malinau terkonfirmasi negatif semua.

Begitu pun pengambilan sampel melalui Rumah Sakit Ahmad Ibrahim KTT sebanyak 19 spesimen pada 14 Mei lalu juga dinyatakan negatif. Namun pengambilan terhadap 49 sampel yang dilakukan di Rumah Sakit yang sama tanggal 18 Mei lalu, satu di antaranya terkonfirmasi positif, hingga membuat total positif 4 kasus.

“48 orang negatif, dan satu orang terkonfirmsi positif dengan inisial IS usia 32 tahun,” ujar M. Idham noor saat melakukan press release, Rabu (27/5/2020).

Kata Idham, berdasarkan riwayat perjalanan yang bersangkutan IS ini sempat beberapa hari melakukan perjalanan ke Ibu Kota Provinisi Kaltara, yakni Tanjung Selor.

“Berdasarkan tracing, yang bersangkutan tidak pernah melakukan kontak langsung kepada 3 pasien yang terkonfirmasi positif pertama di awal,” katanya.

Untuk menekan penyebaran virus ini, pemerintah secara terus menerus mengimbau dan mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Serta menegaskan agar masyarakat tidak melakukan kegiatan berkumpul dalam jumlah banyak.

“Seperti berinteraksi dalam lingkungan keluarga, tempat kerja, tempat umum. Misalnya pasar, pelabuhan dan lainnya, untuk tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan. Karena seperti yang kita ketahui penyebaran virus ini melalui orang ke orang,” tutupnya.(*)

 

Reporter : Yogi Wibawa

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed