Sambut Ramadan dan Idul Fitri 1441 H, Telkomsel Area Pamasuka Siagakan 52.100 BTS

MAKASSAR – Executive Vice President East Area Sales – Adiwinahayu B. Sigit yang didampingi oleh Vice President Network Operation and Quality Management Area Pamasuka – Moelky_Furqan, Vice President Consumer Sales Area Pamasuka – Agustiyono beserta para General Manager mengatakan Telkomsel Area Pamasuka siap menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri 1441 H dengan berkomitmen untuk terus bergerak maju dalam memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima guna menghadirkan kenyamanan beraktivitas dan beribadah bagi pelanggan, sehingga dapat memberikan dampak ekonomi dan sosial yang positif bagi masyarakat.

Tahun ini, Telkomsel Area Pamasuka memusatkan pengamanan kualitas dan kapasitas jaringan di area residensial, rumah sakit, serta jalur dan titik transportasi yang akan menjadi sarana pendukung logistik penanganan pandemi virus COVID-19. Hal tersebut merupakan kelanjutan komitmen Telkomsel untuk terus berkontribusi bergotong royong bersama seluruh pemangku kepentingan terkait dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 secara berkesinambungan di Indonesia termasuk di wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1571 votes

Khusus di wilayah Pamasuka, untuk memastikan seluruh pelanggan dapat tetap nyaman dalam menjalin silaturahmi walau saat ini negara kita, terutama daerah di wilayah Papua, Maluku, dan Kalimantan, sedang meghadapi keadaan yang penuh tantangan dan keterbatasan sebagai dampak pandemi COVID-19, Telkomsel telah melakukan upaya-upaya penguatan dan pengamanan akses jaringan berteknologi terdepan di sejumlah titik prioritas guna memaksimalkan pemanfaatan layanan terutama yang berbasis broadband agar dapat terus dinikmati oleh seluruh masyarakat dengan nyaman dan lancar.

Pada momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini, Telkomel Area Pamasuka memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik komunikasi untuk layanan broadband sebesar 50,3% (pada puncak RAFI) atau naik 38,9% (pada hari biasa) dibandingkan dengan periode RAFI 2019 lalu. Hal ini didorong dengan semakin kuatnya adopsi masyarakat dalam pemanfaatan layanan broadband dan digital untuk mendukung produktivitas saat beraktivitas dari rumah di masa pandemi COVID-19.

Sedangkan untuk trafik layanan legacy voice diprediksi turun -13,2% (pada puncak RAFI) atau turun -15,2% (pada hari biasa) dibandiingkan dengan RAFI 2019. Di sisi lain, untuk SMS diprediksi turun -19% (pada puncak RAFI) atau turun -26,5% (pada hari biasa) dibandingkan dengan RAFI 2019. Hal ini sudah diprediksi sebelumnya, mengingat perilaku pelanggan yang kini semakin fasih dan intensif dalam menggunakan berbagai aplikasi dan layanan digital, yang mengakibatkan turunnya intensitas penggunaan layanan suara maupun layanan SMS.

Guna mengantisipsi hal tersebut, Telkomsel Area Pamasuka telah memusatkan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan di sekitar 74 point of interest (POI), yang berfokus pada 42 titik area residensial yang teridentifikasi mengalami kenaikan trafik telekomunikasi yang sangat signifikan sejak diberlakukannya imbauan dari Pemerintah RI untuk beraktivitas di rumah, 19 titik rumah sakit rujukan COVID-19, dan 13 titik area transportasi utama di tiap provinsi seperti bandara dan pelabuhan.

Baca Juga :  Dampak Psikologis saat Gerhana

Fokus pengamanan jaringan di seluruh area tersebut merupakan bentuk nyata dukungan Telkomsel dalam memastikan kenyamanan masyarakat Indonesia yang menjalankan imbauan Pemerintah RI untuk tidak mudik dan memusatkan aktivitas ibadah di momen RAFI ini untuk tetap berada di rumah. Selain itu, pengamanan titik di semua BTS yang berada di wilayah Pamasuka juga tetap menjadi fokus dari Telkomsel Area Pamasuka sebagai upaya untuk memastikan kelancaran komunikasi seluruh masyarakat di wilayah Pamasuka.

Berbagai upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan yang telah Telkomsel Area Pamasuka lakukan adalah dengan dengan menambah dan upgrade kapasitas BTS 4G. Sebanyak 8.675 activity yang terdiri dari 2.900 BTS baru berteknologi multi-band Long Term Evolution atau 4G, upgrade kapasitas BTS 4G sebanyak 5.775 BTS, dan mengoperasikan tambahan 7 unit Compact Mobile BTS (COMBAT). Hal tersebut dilakukan untuk menjamin kelancaran akses data di wilayah Area Pamasuka. Secara keseluruhan, Telkomsel Area Pamasuka saat ini memiliki 52.100 unit BTS yang tersebar di wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan dengan 21.600 unit BTS diantaranya merupakan BTS 4G yang telah menjangkau lebih dari 80% wilayah populasi di Pamasuka. Kehadiran BTS tersebut siap mengakomodasi berbagai kebutuhan layanan berbasis broadband dan digital untuk terus mendukung aktivitas keseharian masyarakat.

Di samping itu, sebagai bagian dari dukungan terhadap imbauan pemerintah untuk menerapkan physical distancing dalam proses bekerja, sebagian besar proses monitoring dan penanganan aktivitas pengamanan jaringan selama masa RAFI 2020 ini dilakukan secara virtual monitoring. Sebanyak 16 posko virtual dan 210 orang personil disiagakan 24 jam untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Implementasi virtual monitoring diharapkan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan jaringan sekaligus menjaga keselamatan dan kesehatan karyawan Telkomsel selama pemberlakuan situasi darurat nasional COVID-19.

Karyawan atau teknisi Telkomsel yang karena jenis pekerjaannya harus bertugas di lapangan dalam menjaga kualitas jaringan, juga telah dibekali perlengkapan keamanan yang sesuai dengan standar protokol kesehatan yang berlaku. Seluruh upaya ini dilakukan Telkomsel juga untuk mendukung upaya penyesuaian proses kerja dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah ditetapkan Pemerintah RI dan sudah dijalankan di berbagai daerah.

Jaminan Ketersediaan Produk dan Layanan

Dari sisi produk dan layanan pelanggan, untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan aktivasi dan mengakses informasi produk dan layanan, Telkomsel mendorong pelanggan untuk lebih memanfaatkan pusat layanan digital/virtual yang tersedia, seperti Call Center 188, layanan virtual assistant melalui aplikasi MyTelkomsel, website www.telkomsel.com, maupun email cs@telkomsel.co.id. Selain itu, layanan Telkomsel juga dapat dinikmati di berbagai media sosial, seperti LINE @Telkomsel, Facebook Messenger ‘Telkomsel’, Telegram @Telkomsel_official_bot, Twitter @Telkomsel. Lebih lanjut, sebagai opsi tambahan bagi pelanggan, Telkomsel juga menghadirkan anjungan MyGrapari di beberapa titik GraPARI untuk melakukan pembelian serta aktivasi produk dan layanan Telkomsel.

Baca Juga :  Marak PMI Kabur Gaji Tak Sesuai, Faktanya Memang Tak Prosedur

Telkomsel pun juga menjamin ketersediaan produk dan layanan pelanggan untuk memastikan kenyamanan pengguna selama momen RAFI 2020. Maka dari itu, Telkomsel telah berkoordinasi dengan seluruh mitra strategis, termasuk para mitra distributor, reseller, merchant, serta mitra modern channel (bank dan e-commerce) untuk menjamin ketersediaan produk Telkomsel. Sedangkan pusat layanan tetap kami siagakan di beberapa lokasi tertentu dengan pembatasan petugas customer service dan layanan terbatas seperti melayani pasang baru kartuHalo dan ganti kartu.

Selama periode RAFI tahun ini, Telkomsel Area Pamasuka juga menyiapkan beberapa kanal layanan existing, diantaranya yaitu 83 titik GraPARI, 208 Mobile GraPARI yang berfokus diwilayah residensial, dan 110 mitra distributor (online).

Berbagai Program Khusus untuk Pelanggan

Momen RAFI 2020 ini juga merupakan momen yang spesial bagi Telkomsel, karena selain menjadi bulan penuh berkah, Telkomsel juga berulang tahun tepat 25 tahun yang jatuh pada tanggal 26 Mei 2020. Untuk itu, Telkomsel melalui program tahunan Telkomsel Siaga dengan tema “Di Rumah Terus Jalankan Kebaikan” telah mempersiapkan ragam program yang menarik untuk pelanggan setia agar terus menemani pelanggan dalam menjalankan aktivitas dari rumah selama masa bencana nasional pandemi COVID-19 ini. Sebagai lanjutan dari program #DiRumahTerusMaju, dengan berkolaborasi bersama sejumlah mitra strategis, Telkomsel menghadirkan berbagai program untuk memudahkan aktivitas pelanggan selama di rumah untuk terus beribadah, berbelanja, bekerja, hingga bersilaturahmi.

Beberapa program seperti Ketupat, Ngabuburit Challenge, dan Ramadan Video Competition berhadiah total puluhan juta rupiah diselenggarakan untuk menambah keseruan dam kreatifitas selama di rumah dalam balutan konten digital. Berbagi THR kepada sesama juga bisa dilakukan dengan memberikan pulsa atau paket internet menggunakan layanan digital dari Telkomsel.

Selama bulan Ramadan ini, Telkomsel melalui aplikasi MAXstream menyajikan tayangan #BEBASNONTON yang berisi kumpulan film terbaik yang dapat anda nikmati tanpa dipungut biaya apapun. Mulai dari film lokal, TV series Hollywood, kartun, hingga film mandarin hadir dalam genggaman. Pelanggan tak perlu khawatir tentang kuota yang akan terpotong, karena MAXstream juga telah menyiapkan paket Add On seharga Rp 10 yang akan tersedia mulai tanggal 15 Mei sampai dengan 29 Mei 2020. Paket ini dapat dibeli melalui aplikasi MAXstream atau aplikasi My Telkomsel atau melalui UMB *363*465# dan pelanggan akan mendapatkan kuota MAXstream 1GB setiap harinya selama 7 hari berturut-turut. Layanan MAXstream ini juga dapat digunakan untuk menyaksikan materi pembelajaran online yang ada di channel TVRI guna mendukung kegiatan belajar dari rumah.

Baca Juga :  Dampak Psikologis saat Gerhana

Loyalty Program juga turut menyemarakkan RAFI tahun ini. Pelanggan dapat menukarkan Telkomsel Poinnya dengan berbagai macam undian berhadiah, mulai dari pulsa, emas, hingga Iphone 11, dan juga hadiah menarik lainnya melalui program-program yang bertemakan RAFI seperti “POIN THR Lebaran”, “Semarak Buka Puasa #DiRumah Saja”, “Rejeki Tukar POIN”, “#DiRumah Saja Berbagi THR”, dan “#DiRumah Saja Berbagi Kejutan Ramadan”. Telkomsel Poin juga dapat ditukarkan dengan berbagai macam diskon yang bekerjasama dengan GrabFood. Selain itu, di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini, pelanggan juga dapat melakukan donasi yang ditujukan untuk membantu penanganan COVID-19 dengan cara menukarkan Telkomsel Poinnya. Setiap Telkomsel Poin yang ditukar, akan didonasikan dalam bentuk penyemprotan desinfektan di area umum.

Program Corporate Social Responsibilty (CSR) pada RAFI 2020

Sejalan dengan semangat dan kepedulian Telkomsel untuk berada di barisan terdepan selama penanganan COVID-19, pada aktivitas corporate social responsibility (CSR) Telkomsel memberikan donasi berupa alat ventilator serta lebih dari 100.000 Alat Pelindung Diri (APD) yang secara berkala diserahkan langsung kepada sejumlah Rumah Sakit Darurat dan Rumah Sakit Rujukan penanganan COVID-19 yang ada di seluruh Indonesia. Sejumlah alat medis yang diberikan Telkomsel dalam bantuan ini meliputi ventilator, alat pelindung diri (APD) baik produk lokal maupun impor seperti baju hazmat, thermogun infrared, masker, serta perlengkapan medis lainnya. Di wilayah Pamasuka, sebanyak 2 unit ventilator diserahkan kepada RS Pertamina Tarakan dan RS Pertamina Sorong melalui pihak ketiga Yayasan BUMN. Telkomsel Area Pamasuka juga telah mendistribusikan APD dan hazmat ke sekitar 17 RS Rujukan Penanganan COVID-19 di wilayah Pamasuka, Dinas Kesehatan, dan IDI Makassar.

Di samping itu, dalam momen Ramadan 1441 H ini, Telkomsel juga tetap melakukan aktivitas berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal tersebut dilakukan melalui pemberian bantuan untuk 25.000 anak yatim, berbagi dengan 250 yayasan, panti asuhan, kaum duafa, serta pekerja informal yang terdampak COVID-19. Total nilai keseluruhan CSR Telkomsel dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia mencapai Rp 25 miliar dimana kemanfaatannya disebar ke seluruh wilayah kerja Telkomsel termasuk di wilayah Pamasuka.

Dalam bidang pendidikan, untuk memastikan akivitas belajar di rumah secara mandiri, Telkomsel juga telah berkolaborasi dengan sejumlah kampus yang menggelar program e-learning dan empat aplikasi dengan memberikan bebas paket data 30 GB. Serta gratis Layanan CloudX bagi 21 sekolah di wilayah Pamasuka. Untuk mendukung Program Indonesia Belajar yang dilakukan di TVRI, Telkomsel Area Pamasuka juga memberikan hadiah akses MAXstream gratis kepada para pelajar dengan syarat tertentu di akhir program atau akhir Mei nanti.(*)

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *