oleh

WNI yang Dipulangkan dari Malaysia Didominasi Tujuan Sulawesi

NUNUKAN – Proses pemulangan 111 orang Warga Negara Indonesia (WNI) dari sudah melalui proses protokol kesehatan.

Kepala Seksi Lalu Lintas Dan Ijin Tinggal Keimigrasian Imigrasi Kabupaten Nunukan, Nugraha Agustian Syahputra, A.MD.IM, S.H mengatakan, sebanyak 111 orang WNI yang dipulangkan telah melakukan proses protokol kesehatan, dan dilakukan pemeriksaan keimigrasian yakini pengecekan paspor milik mereka dan baru dilanjutkan oleh pihak beacukai dan tentu dilanjutkan ketim medis kesehatan.

Baca Juga :  Kisah Ardianto Sudah 5 Tahun Mengabdi Sebagai Guru Honor di Perbatasan

“Jika dilihat dari segi dokumen mereka tidak ada permasalahan, dan masih berlaku, dalam pemeriksaan kami juga tidak ada menemukan sesuatu maupun kendala. Banyaknya WNI yang datang itu lebih banyak dari Sulawesi,” kata Syahputra, kepada benuanta.co.id, Sabtu (16/5/2020).

Selama lockdown di Malaysia tentu ada beberapa WNI maupun pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tertahan disana dengan adanya pendemi wabah Covid-19, hal itu tentu untuk memutuskan mata rantai penyebaran di kalangan masyarakat, sehingga pihak pemerintah Malaysia melakukan Lockdown.

Baca Juga :  Seleksi PPPK di Perbatasan, Disdikbud Khawatirkan Pemadaman Listrik

“Walau lockdown, kita akan tetap melaksanakan komunikasi dengan baik kepada konsulat kita yang ada di Tawau Sabah Malaysia, bahkan pihak pemerintah daerah sendiri, apa bila ada terjadi pemulangan WNI dan PMI yang terhambat tidak bisa kembali ke tanah air maka akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait,” jelasnya.

Dari 111 orang WNI yang tiba di Nunukan, diantaranya dengan tujuan Sulawesi sebanyak 88 orang, Antara lain ke Sulawesi Selatan 85 orang, Sulawesi barat 3 orang. Wilaya Kalimatan Timur sebanyak 9 orang, dan Kalimantan Utara 14 orang.

Baca Juga :  Tinjau Ujian PPPK, Laura Tegaskan Tidak Ada Titipan Bupati

111 orang WNI juga dilakukan  screening dokumen berupa sertifikat kesehatan, pemeriksaan suhu tanda dan gejala Covid-19 dan pelaksanaan rapid test dengan hasil semua negatif. (*)

Reporter: Darmawan
Editor : Nicky

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed