oleh

Terlibat Kasus Sabu, Irianto dan 5 Orang Lainnya Diamankan Polisi, BB Dimusnahkan

SEJAK MENJABAT KAPOLRES NUNUKAN, TEGUH BERHASIL UNGKAP 72,5 KG KASUS SABU

NUNUKAN – Di tengah wabah Covid-19, peredaran narkotika seperti tidak ada hentinya di Indonesia, khususnya di Kabupaten Nunukan. Hal itu terbukti dengan pengungkapan oleh Satuan Reskoba Polres Nunukan sejak bulan April hingga Mei 2020, yakni barang bukti (BB) sebanyak 2.397,89 gram atau 2,3 kilogram (kg) narkotika jenis sabu-sabu. Barang bukti itu pun dimusnahkan di Mako Polres Nunukan, Jumat 15 Mei 2020, sekitar pukul 10.00 Wita tadi dengan cara dilarutkan ke dalam air.

Dikatakan Kabag Ops Polres Nunukan, Kompol Suwandi, dua bulan terakhir ini ada 6 kasus narkoba yang telah diungkap. Di antaranya dengan tersangka Irianto alias Anto yang tertangkap saat berada di Pelabuhan Bambangan membawa narkoba sebanyak 99,70 gram. Tersangka kedua Yesi Maurits membawa narkotika sebanyak 326 bungkus ukuran besar seberat 41,00 gram.

Baca Juga :  Pemkot Tak Terima Putusan Hakim PTUN Soal HGB THM, Lanjut Upaya Hukum

Amir yang tertangkap di Jalan Poros Apas, RT 02, Desa Apas, Kecamatan Sebuku, membawa narkoba sebanyak 13,82 gram. Agus Salim juga tertangkap di Kecamatan Sebuku dengan barang bukti sebanyak 2,57 gram.

Sedangkan Nazaruddin yang tertangkap di Jembatan Aji Kuning, Kecamatan Sebatik Tengah, sebanyak 2.200 gram atau 2,2 kg, dan yang terkahir adalah Irwan alias Ulla berhasil diamankan oleh Polsek Sembakung di Jalan Poros Perbatasan antara Lumbis dan Malinau, dengan barang bukti 44 gram. “Keenam tersangka kita amankan dan akan dilakukan proses hukum sesuai yang berlaku,” kata Suwandi, Jumat (15/5/2020).

Baca Juga :  Pelaku Diduga Melakukan Penikaman Sebelum Berlabuh di Beringin 4 

Lanjut dia, setiap kali dalam pemusnahan akan menghadirkan tersangka, namun tidak semuanya hanya saja perwakilan dari kasus yang sama ditangani. Pemusnahan dilaksanakan dengan cara dilarutkan dengan air di dalam toples, lalu diaduk hingga menyatu dengan air. Setelah itu baru dibuang ke sungai dekat Mako Polres Nunukan.

Di masa kepemimpinan Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro, S.I.K.,M.H, sejak tahun 2018 hingga 2020 Kapolres Nunukan telah mengungkapkan kaskus narkoba sebanyak 72.563,07 gram atau 72,5 kilogram (kg), dan juga atc 8 butir.

Baca Juga :  Nyaris Hangus, Dump Truck Angkut Kayu Olahan Terbalik Dekat GTM

Berdasarkan laporan masyarakat sebanyak 142 laporan, dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang ditangani berdasarkan jenis kelamin lebih didominasi oleh laki-laki sebanyak 182 orang, sedangkan perempuan 23 orang. Polres Nunukan juga mengamankan 5 orang WNA yang terjaring operasi narkoba di hukum wilayah Polres Nunukan. (*)

 

Reporter: Darmawan

Editor : M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed