Presiden: Bangga Gunakan Produk Indonesia

Jakarta– Indonesia tak berkekurangan talenta, karya, serta produk-produk hebat dan berkualitas. Masa pandemi seperti sekarang ini juga tak menghalangi para kreator lokal untuk tetap berkreasi.

Melihat hal tersebut, Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk bangga menggunakan produk-produk Indonesia dengan meresmikan gerakan #BanggaBuatanIndonesia melalui acara peresmian yang digelar secara telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/05/2020).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Saya bersyukur negara dan bangsa kita memiliki banyak kekuatan, karya-karya hebat, dan produk-produk berkualitas yang lahir dari tangan saudara-saudara kita yang memiliki talenta hebat. Pandemi tidak menghalangi kita untuk berkreasi. Keterbatasan justru mendorong kita untuk bertransformasi, menggali potensi diri, dan menciptakan peluang-peluang,” ujarnya saat memberi sambutan.

Baca Juga :  Dampak Psikologis saat Gerhana

Saat ini, seluruh dunia tengah berjuang melawan pandemi Covid-19 di mana perekonomian dunia mengalami tekanan yang berat. Setiap negara, tak terkecuali Indonesia, berjuang untuk menyelamatkan rakyatnya agar tidak terpapar sekaligus menjaga agar ekonominya tidak turut terkapar.

Presiden mengatakan, di saat pandemi ini, kita harus mampu bertumpu pada kekuatan kita dan berdiri di atas kaki sendiri. Kita juga harus mampu menyelesaikan masalah dan tantangan kita sendiri.

“Kita harus melihat lagi apa yang menjadi kekuatan dan apa yang menjadi kelemahan kita. Yang kurang, yang lemah, tentu saja harus kita segera perbaiki dan yang menjadi kekuatan harus kita manfaatkan,” kata Presiden.

Di bidang kesehatan misalnya, pandemi ini justru mendorong bangsa Indonesia untuk dapat berkreasi dan dapat mengembangkan alat tes PCR, alat tes diagnostik cepat, ventilator, serta unit laboratorium bergerak dengan bio safety level (BSL) 2.

Baca Juga :  Lonjakan Penumpang Pelabuhan Tengkayu I Diprediksi H-3 Lebaran 

“Kita harapkan pada akhir Mei ini semua inovasi tersebut sudah bisa diproduksi secara massal sehingga kita tidak tergantung lagi kepada produk-produk impor dari negara lain,” tuturnya.

Selain di bidang kesehatan, masih banyak karya-karya dan produk Indonesia yang membanggakan. Tak terhitung pula produk bermutu dan berkualitas yang dihasilkan oleh industri rumahan, petani, dan nelayan kita yang dihasilkan industri dalam negeri.

Kepala Negara mengingatkan, produk-produk ini harus menjadi kebanggaan sekaligus menumbuhkan kepercayaan diri kita sebagai bangsa yang besar serta bangga terhadap hasil karya bangsanya sendiri.

“Karya-karya semua anak bangsa ini harus kita apresiasi, hargai, dukung, beri ruang seluas-luasnya, dan kita gunakan untuk keselamatan serta untuk kemajuan bangsa dan negara kita,” imbuhnya.

Baca Juga :  Marak PMI Kabur Gaji Tak Sesuai, Faktanya Memang Tak Prosedur

Mengakhiri sambutannya, Presiden Joko Widodo sekaligus mengingatkan serta mengajak masyarakat untuk peduli dan membantu sesama agar terhindar dari bahaya pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Juga untuk membantu sekaligus mendukung usaha, perekonomian, dan produk-produk Indonesia untuk dapat terus berkembang meski dihadapkan pada tantangan pandemi.

“Selamatkan tetangga, selamatkan kerabat, dan saudara-saudara kita dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, peduli membantu tetangga yang tengah kesulitan. Bantu dengan belanja di usaha kecil, mikro, ultramikro dan dengan membeli karya-karya serta produk-produk Indonesia. Dengan kepedulian kita, saya optimistis semua segera bisa kita lewati,” tandasnya. (Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *