130 WNI Akan Dipulangkan ke Nunukan Besok, Bakal Langsung Di-Rapid Test

NUNUKAN – Sebanyak 130 Warga Negara Indonesia (WNI) direncanakan akan dipulangkan ke Indonesia melalui Nunukan dari Tawau Malaysia, Jumat 15 Mei 2020 besok. Pemerintah Kabupaten Nunukan pun telah pemeriksaan Rapid test saat tiba di Pelabuhan Internasional Tunon Taka Nunukan.

Dikatakan Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan, Aris Suyono, selain Rapid Test, tim teknis kesehatan juga akan melaksanakan screening. Baik itu dokumen sertifikat kesehatan yang harus dibawa oleh WNI dari Malaysia, maupun pemeriksaan suhu guna mendeteksi gejala Covid-19.

“Kami juga meminta kepada WNI yang akan datang besok harus mematuhi semua protokol kesehatan, termasuk nantinya karantina yang harus mereka jalankan. Ketika ditemukan pelaku perjalanan satu saja yang rapid test positif, maka akan dilakukan karantina secara keselurahan, yang akan kita tempatkan di rusunawa dan beberapa tempat yang kita siapkan,” kata Aris, Rabu 14/5/2020).

Baca Juga :  Bikin Resah Warga Akibat Hobi Mencuri, Pemuda di Sebatik Ditangkap Polisi

Lanjut dia, jika hasil rapid test positif, maka akan dibatalkan keberangkatan ke kampung halamannya. Namun jika negatif, maka dilanjutkan keberangkatannya.

Dari 130 WNI yang akan tiba di Nunukan besok 98 di antaranya akan menuju Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

Tim Gugus Covid-19 juga mengizinkan WNI untuk menginap di hotel dalam rangka mengisolasi diri secara mandiri dengan disiplin dan juga dilakukan pengawasan oleh aparat keamanan. (*)

Baca Juga :  Marak PMI Kabur Gaji Tak Sesuai, Faktanya Memang Tak Prosedur

 

Reporter: Darmawan
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *