Puskesmas Se-Kabupaten Nunukan Bergerak Jalankan Progam Pankesia

NUNUKAN – Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid SE MM telah mencanangkan Program PANKESIA (Pantau Kesehatan Lansia) dengan mengunjungi keluarga lanjut usia (lansia) di wilayah kerja Puskesmas Sedadap, Kecamatan Nunukan Selatan, Senin kemarin.

Puskesmas bersama unsur pemerintah kecamatan yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Nunukan, mulai bergerak melakukan surveilans aktif dari desa ke desa.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1988 votes

Seperti yang dilakukan Puskesmas Sanur bersama unsur Pemerintah Kecamatan Tulin Onsoi, Babinsa, Bhabinkantibmas, pendamping lokal desa, Satpol PP, dan Kepala Desa, mulai melakukan pemantauan terhadap warga Lansia di wilayahnya hari ini, Selasa 12 Mei 2020.

Baca Juga :  267 Pelanggaran Selama Ops Ketupat Kayan di Nunukan

“Hari ini kami mulai dari Desa Semunad, kita memantau kesehatan kepada tiga warga”, kata Camat Tulin Onsoi Kristoforus.

Dikatakan Kristoforus, kegiatan tersebut akan berlanjut namun mengikuti jadwal yang telah disusun oleh Puskesmas Sanur, berdasarkan data Lansia yang ada di wilayah Kecamatan Tulin Onsoi.

Selain itu, Kepala Puskesmas Sanur dr. Saifuddin Noor menjelaskan, pihaknya telah menjadwalkan pemantauan untuk 12 desa yang ada di Kecamatan Tulin Onsoi. “Besok kita akan lanjutkan sesuai jadwal, kita siapkan semua. Untuk yang dicurigai ISPA dan Pneumonia kita akan rapid, stok kita ada dan siap,” jelasnya.

Baca Juga :  Arus Balik di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Meningkat

Terpisah, juru bicara percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan, Aris Suyono mengatakan, setelah dicanangkan, beberapa puskesmas dan pihak kecamatan di wilayah Kabupaten Nunukan telah memulai program Pankesia.

Berdasarkan laporan yang masuk kepada Tim Gugus per hari ini, ada beberapa kecamatan yang telah memulai melakukan Pankesia. Di antaranya Kecamatan Sebuku bersama Puskesmas Pembeliangan, Kecamatan Sembakung bersama Puskesmas Atap, Kecamatan Lumbis bersama Puskesmas Mansalong, Kecamatan Sebatik Timur bersama Puskesmas Sungai Nyamuk, Kecamatan Tulin Onsoi bersama Puskesmas Sanur, dan Kecamatan Nunukan bersama Puskesmas Nunukan Timur.

Baca Juga :  Bobol Rumah dan Konter HP, Mantan PMI Ini Diringkus Polisi

“Program Pankesia ini akan selesai dalam waktu 2 bulan. Yang mana ini merupakan salah satu strategi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 di Kabupaten Nunukan, untuk memberikan perlindungan terhadap Lansia yang rentan terhadap persebaran Covid-19,” terang Aris. (*)

 

Reporter: Darmawan
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *