oleh

Bupati Laura Melantik Pengurus Baznas Nunukan yang Baru Sekaligus Berzakat

NUNUKAN – Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM melantik Ketua Baznas Kabupaten Nunukan periode 2020-2025 dan pengurus baru sekaligus berzakat di Kantor Bupati Nunukan, Senin 4 Mei 2020.

Dalam pelantikan itu juga tampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan, Asisten dan Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan.

Dikatakan Hj. Asmin Laura Hafid SE MM, zakat berfungsi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di Indonesia, khususnya Kabupaten Nunukan. Yang merupakan salah satu instrumen kunci dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain dapat membantu beban pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial, secara tidak langsung dapat membantu APBN dan APBD sebagaimana yang diatur pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Zakat.

Baca Juga :  Lapas Nunukan Deklarasi Warga Binaan Bebas dari Handphone, Pungli dan Narkoba

Sebagai salah satu rukun Islam, menunaikan zakat adalah sebuah keharusan bagi umat Islam, dalam rangka mensucikan dirinya dan juga hartanya.

“Ini adalah wujud rasa syukur kita atas setiap nikmat atau rezeki yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada kita,” kata Laura, Senin (4/5/2020).

Ada bagian lain yang menjadi hak orang lain, hak tetangga, hak anak yatim piatu, dan fakir miskin. Oleh karena itu melalui gerakan membayar zakat ini Bupati Laura mengajak kaum muslimin dengan penuh kesadaran dengan membayar zakat infaq dan sedekah.

Zakat apa bila dikelola dengan baik, dan diserahkan melalui lembaga yang tepat, yakni melalui badan amil zakat dan disalurkan kepada yang benar-benar membutuhkan, selain dalam rangka memenuhi kewajiban, tetapi juga mempunyai dampak yang lebih luas.

Baca Juga :  Jalin Silaturahmi, Wabup H. Hanafiah Bersama FKUB Nunukan Berkunjung ke Berau

Nilai zakat infaq dan sedekah sesungguhnya merupakan potensi yang diakibatkan oleh umat Islam, dalam rangka menggerakkan perekonomian umat Islam dengan pengelolaan zakat yang lebih baik dan profesional.

“Saya berkeyakinan bahwa ke depan upaya kita dalam rangka mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan lebih cepat terwujud,” jelasnya.

Laura juga mengatakan, saat ini Indonesia khususnya di Kabupaten Nunukan sedang menghadap pendemi wabah Covid-19, sehingga secara bersama-sama baik dari unsur pemerintah maupun swasta, bergerak bersatu melawan penyebarannya. Untuk itu demi memutus mata penyebaran Covid-19, melalui pemerintah pusat hingga daerah telah melakukan pembatasan aktivitas yang berdampak pada perekonomian masyarakat .

Baca Juga :  66 Pegawai Lapas Nunukan Tes Urine, Ini Hasilnya

“Agar Baznas Kabupaten Nunukan harus jeli dan peka terhadap kondisi yang kita hadapi saat ini, Pengurus baznas yang baru saja dilantik ini saya minta untuk segera membangun komunikasi dan koordinasi di tengah-tengah masyarakat agar betul-betul memahami kondisi yang terjadi. Baznas Kabupaten Nunukan diharapkan dengan segera bertindak dengan cepat dan tepat bergerak membantu meringankan beban masyarakat yang berdampak Covid-19,” tegas Laura. (*)

Daftar Nama Pengurus BAZNAS Nunukan yang Dilantik Periode 2020-2025

1. Ketua H. Zahri Fadli, s.pi.,m.pdi
2. Wakil ketua satu Drs. H. Halida
3. Wakil ketua dua H. Muhammad Sulaiman
4. Wakil ketua tiga Ambo Tuo, S.Pd.i

Reporter: Darmawan
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed