oleh

PT. BAJA Kebut Pembangunan Rumah DP 0 Rupiah

TARAKAN – Di tengah wabah Covid-19, PT BAJA terus kebut pembangunan perumahan DP Rp 0 di Tarakan. Sebanyak 5 titik lokasi pembangunan perumahan DP Rp 0 berproses di Bumi Paguntaka.

Berdasarkan pantauan benuanta.co.id, pembangunan 36 unit perumahan Viola Residence di jalan Cahaya Baru RT 4 Kelurahan Karang Harapan sedang dikerjakan. Rumah subsidi ini tipe 36/72 dengan harga subsidi Rp 164 juta masyarakat sudah bisa memiliki rumah.

Manajer Operasional PT. BAJA, Aswar Taufik Arsyad mengatakan, lokasi Viola Residence ini cukup strategis. Hanya dengan uang booking Rp 2 juta masyarakat sudah bisa memiliki rumah. Target pembangunan rumah DP Rp 0 ini hingga 6 bulan ke depan.

Baca Juga :  Warga Amal Lama Gelar Aksi Menolak Pembangunan Tembok Wisata Pantai Amal

“Targetnya 6 bulan selesai semua yang disini. Di lokasi ini 3 unit yang masih kosong (belum dibooking dari 36 unit),” ungkap Aswar.

Dijelaskan Aswar, di Tarakan lokasi pembangunan rumah DP Rp 0 terbagi dibeberapa titik lokasi, diantaranya Viola Asri 1 ada di Juata Permai di kompleks perumahan PNS, Viola Asri 2 di jalan Cahaya Baru Karang Harapan depan 613 Tarakan, Viola Asri 3 ada di Tasikmalaya, Jawa Barat, Viola Asri 4 ada di Gunung Slipi, Kampung Satu, Viola Asri 5 di Mamburungan, Viola Asri 6 ada di Makassar, dan Viola Residence di jalan Cahaya Baru.

“Di Tarakan semuanya 2.000 unit (target pembangunan). Estimasi satu sampai tiga tahun, mudahan bisa mencapai target, di lokasi Cahaya Baru sudah 200an yang booking, lokasi di Gunung Slipi itu sebagian untuk karyawan PT IDEC, lokasi di Mamburungan khusus untuk lokasi karyawan PT SKA,” jelasnya.

Baca Juga :  Walikota Tegaskan Pembangunan Amal Lama Sudah Ada Sosialisasi ke Warga

Aswar menyarankan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), PT BAJA menyiapkan kredit bersyariah tanpa bunga tanpa riba, dari harga Rp 164 juta dibagi sekian tahun tanpa bunga.

“Murni syariah, khusus MBR dan masyarakat yang tidak diterima di bank. Ada pengusaha-pengusaha yang tidak masuk analisa bank, tidak blacklist. Contohnya pekerja pertanian tambak,duitnya banyak tapi analisa bank tidak masuk, penghasilan tidak tetap, kalau hasil panennya bagus maka duitnya banyak, itulah yang kami buka. Kami sarankan kredit bank syariah itu tanpa bunga tanpa riba,” ujarnya.

Baca Juga :  Hamzah Diduga Jatuh ke Laut saat Terjadi Penikaman di Atas KM Savina

Hingga saat ini PT BAJA telah bekerjasama bersama empat perbankan yang di Tarakan, seperti Bank BTN, Bank Kaltimtara, BNI Syariah dan Bank Mandiri. Aswar menilai antusias masyarakat cukup tinggi mendapatkan rumah subsidi DP Rp 0.

“Rata-rata minat masyarakat tinggi, antusias masyarakat untuk mendapatkan rumah 0 DP program pemerintah untuk perumahan subsidi tanpa uang muka,” tuturnya. (*)

 

Reporter: Ramli

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed