oleh

Roti Canai Bucan Bunda Endang, Pilihan Buka Puasa Lezat

TARAKAN – Di saat puasa Ramadan, beragam jenis kuliner biasa menghiasi pasar-pasar takjil. Tak hanya itu, industri rumahan hingga rumah makan berlomba-lomba menciptakan bermacam takjil untuk berbuka yang menggugah selera.

Satu kuliner yang masih menjadi andalan adalah roti canai. Makanan khas yang berasal dari India ini sudah sangat populer di Indonesia. Bahkan makanan yang biasa disantap dengan kari ini cukup menggugah selera masyarakat, terutama Kota Tarakan.

Di Tarakan memang tak sedikit masyarakat yang menjajakan roti canai. Salah satu yang telah populer adalah Bucan (Bunda Canai) Bunda Endang. Seperti namanya, canai buatan Bunda Endang ini sudah cukup banyak penggemarnya.

Baca Juga :  Razia Gabungan, 2 Pengunjung THM Positif Konsumsi Narkoba

 

Dikatakan Bunda Endang, canai buatannya ini dihargai Rp 5.000 per lembar yang dikemas dalam satu pak berisi 10 lembar. Penikmat canai buatannya ini bahkan sudah sampai luar daerah. “Pesanan biasa sampai keluar Tarakan, seperti Tanjung selor, Malinau, pernah sampai Jakarta dan Balikppan,” terangnya.

Selama bulan puasa ini, rerata Bunda Endang bisa membuat canai sebanyak 60 lembar. Jumlah itu tergoloong sedikit, lantaran saat ini kondisi perekonomian sedang lesu akibat virus corona (Covid-19) yang tengah melanda. Canai buatannya itu pun hanya untuk pelanggan setia yang setiap hari memesan terlebih dulu.

Baca Juga :  Miliki Alat PCR Baru, RSUKT Maksimalkan Pelayanan ke Masyarakat

Selain akibat covid-19, menurunnya produksi Bucan Bunda Endang juga akibat susu yang mulai sulit dicari dan harga telur merangkak naik. Berbeda pada hari-hari biasa yang biasa memproduksi lebih banyak. “Sekarang juga gak bisa lagi ngirim-ngirim keluar,” jelasnya.

Bahkan akibat covid-19, Bunda Endang harus menerima pembatalan pesanan canai dari pelanggan untuk acara resepsi pernikahan yang jumlahnya tak sedikit. Namun Bunda Endang harus pasrah lantaran kondisi yang memaksa demikian. Yakni larangan adanya kegiatan yang mengumpulkan massa dalam jumlah banyak untuk mencegah penyebaran covid-19, salah satunya resepsi pernikahan.

Baca Juga :  Warga Amal Lama Gelar Aksi Menolak Pembangunan Tembok Wisata Pantai Amal

Pada perayaan Idulfitri, biasanya pesanan yang datang juga cukup banyak. Namun Bunda Endang harus pasrah jika lebaran tahun ini pesanan menurun drastis akibat covid-19. “Banyak pesanan kalau dekat lebaran, bisa sampai 500 lembar lebih,” ujar Bunda Endang.

Saat ini Bunda Endang pun menjajakan produknya lewat media sosial (medsos), baik facebook maupun WhatsApp (WA). Bagi anda Para penikmat kuliner yang tertarik merasakan kelezatan Bucan Bunda Endang, bisa memesannya lewat WA ke nomor +6281221234329. Awas ketagihan ya!(*)

 

Reporter: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed