RI dan AS Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Alat Kesehatan dalam Penanganan Covid-19

Bogor– Presiden Joko Widodo melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, pada Jumat, 24 April 2020 pukul 20.00 WIB dari Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam pembicaraan tersebut, kedua kepala negara bertukar pikiran mengenai penanganan Covid-19.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1541 votes

Presiden menyampaikan apresiasinya atas kerja sama pemerintah Indonesia dan pemerintah Amerika Serikat dalam upaya penanganan Covid-19.

Baca Juga :  Marak PMI Kabur Gaji Tak Sesuai, Faktanya Memang Tak Prosedur

Keduanya juga bertukar pikiran mengenai upaya untuk mengatasi kekurangan alat kesehatan dan alat perlindungan bagi tenaga medis seperti ventilator, APD, dan masker sebagaimana dialami oleh semua negara.

Mengenai ventilator, Presiden Trump menjelaskan mengenai upaya pembuatan ventilator di negaranya dan menyampaikan akan mengirim ke Indonesia apabila sudah siap. Kerja sama ini akan ditindaklanjuti oleh tim masing-masing negara.

Baca Juga :  Dampak Psikologis saat Gerhana

Dalam pembicaraan itu, kedua pemimpin negara juga saling menyampaikan dukacita kepada masing-masing warga negaranya yang menjadi korban meninggal akibat Covid-19.

Selain itu, Presiden Jokowi dan Presiden Trump juga sepakat untuk memperkuat kemitraan di bidang perdagangan dan ekonomi setelah masa pemulihan ekonomi akibat Covid-19.

“Indonesia adalah negara penting bagi Amerika Serikat. Kita harus tingkatkan terus kerja sama kedua negara,” ucap Presiden Trump.

Baca Juga :  Marak PMI Kabur Gaji Tak Sesuai, Faktanya Memang Tak Prosedur

Sebelum pembicaraan melalui telepon, Presiden Trump telah menulis surat ucapan dukacita atas meninggalnya ibunda Presiden Joko Widodo.(Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *