Polda Kaltara Resmi Naik Status Jadi Tipe A, Segera Dipimpin Irjen

TANJUNG SELOR – Polda Kaltara menjadi salah satu dari 7 polda yang dinaikkan statusnya dari tipe B menjadi tipe A. Peresmian kenaikan status itu dilakukan Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz, dalam Surat Telegram Kapolri bernomor: ST/1189/IV/OTL.1.1.3/2020, mengharapkan seluruh Kapolda yang dinaikkan datang ke Mabes Polri.

“Bapak Kapolda Kaltara bersama Karorena Polda Kaltara ke Jakarta dalam rangka upacara peresmian perubahan tipe 7 polda dari tipe B ke tipe A,” ungkap Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit melalui Kabid Humas Polda Kaltara AKBP Berliando kepada benuanta.co.id, Rabu 22 April 2020.

Kapolda Kaltara, Brigjen Pol. Drs. Indrajit SH hadir dalam kenaikan status Polda Kaltara.

Satu benda yang dibawa oleh Kapolda Kaltara, Brigjen Pol Indrajit ke Jakarta adalah prasasti. Hal tersebut tertuang dalam surat telegram Kapolri jika masing-masing kapolda agar membawa prasasti peresmian dengan ukuran yang telah ditentukan.

“Jadi ada prasasti yang disiapkan untuk diresmikan, berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/842/IV/2020 tertanggal 15 April Polda Kaltara jadi tipe A,” sebutnya.

Baca Juga :  Sidak Takjil hingga Produk Tanpa Izin Edar Sasar Pasar dan Ritel di Bulungan  

Kata dia, secara otomatis untuk pejabatnya akan berubah status juga, ada kenaikan lebih tinggi untuk pangkatnya. Untuk Kapolda-nya akan diemban oleh Bintang Dua atau Inspektur Jenderal (Irjen) dan Wakapolda-nya berpangkat Brigadir Jenderal.

Namun untuk kenaikan pangkat pejabat Polda Kaltara ini masih dipersiapkan lagi kedepan, begitu juga dengan kemungkinan adanya mutasi. “Untuk PJU yang berpangkat AKBP akan naik Kombes seperti Kabid Humas, Kabid Propam, Kabid Keu, Kabiddokkes,” jelasnya.

Baca Juga :  Sidak Takjil hingga Produk Tanpa Izin Edar Sasar Pasar dan Ritel di Bulungan  

Polda tipe B yang naik tipe A di antaranya Polda Sultra, Polda Sulbar, Polda Kaltara, Polda Kep Babel, Polda Gorontalo, Polda Maluku Utara dan Polda Papua Barat.

“Satu kesyukuran perjuangan selama ini berkat doa masyarakat, terimakasih banyak dukungannya. Paling cepat Polda kita baru 9 bulan sejak diresmikan oleh Pak Tito Karnavian,” tutupnya. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *