oleh

Polres Malinau Simulasikan Penanganan Jenazah Terpapar Covid-19

MALINAU – Untuk memberikan pemahaman mengenai tata cara penanganan jenazah yang terpapar covid-19 mulai dari rumah sakit hingga pelaksanaan pemakaman, Polres Malinau menggelar simulasi penanganan jenazah yang berlangsung di Ruang Rupatama Mapolres Malinau, Senin pagi (20/04/20).

Simulasi tata cara pemulasaran jenazah covid-19 dengan standar keamanan dari Kementerian Kesehatan ini, dipandu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Malinau. Sedikitnya puluhan personel Polres Malinau mengikuti simulasi ini. Selain simulasi penanganan jenazah, para personel Polres Malinau juga diajarakan tata cara penggunaan APD yang tepat dan benar.

Baca Juga :  Dianggap Meresahkan, 25 Remaja Balap Liar Diamankan Tim Satlantas Polres Malinau

Ditemui usai kegiatan simulasi Kapolres Malinau, AKBP Agus Nugraha SIK, SH, MH mengatakan, simulasi ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman yang benar kepada personelnya untuk menangani jenazah yang terpapar covid-19 yang baik, benar dan aman, serta memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Mengingat tim kesehatan Ini tugasnya adalah melakukan penanganan jenazah di rumah sakit hingga ke mobil jenazah. Sedangkan relawan Polri melakukan penanganan pemakaman.

Baca Juga :  Pelatihan Payet dan Menjahit Resmi Ditutup, Maylenti Yakin IRT Malinau Bisa Mandiri

Kapolres Malinau menjelaskan, dalam pelatihan ini petugas Dinas Kesehatan juga memberikan pemahaman tentang tata cara yang benar dalam memakai Alat Pelindung Diri (APD). Sebab bila pemakaian APD salah, maka perlindungan diri tidak bisa berjalan maksimal. “Demikian juga kami diajarkan bagaimana cara melepas APD yang benar, kalau salah bisa berakibat fatal,” ujarnya.

Baca Juga :  Wempi Ingin Roda Pemerintahannya Sesuai Harapan Kemendagri

Kapolres Malinau AKBP Agus Nugraha, SIK, SH, MH menambahkan, dengan prosedur penanganan yang tepat dan kerja sama antar instansi yang baik, maka pemakaman korban virus corona dapat berjalan dengan lancar. “Kami berharap tidak ada warga Malinau yang meninggal karena virus corona, namun ini sebagai antisipasi apabila benar-benar terjadi, maka kita sudah siap,” tutupnya.(*)

 

Reporter : Ronny Meranda

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed