oleh

Apel Gelar Pasukan dan Simulasi, Brimob Kaltara Siap Hadapi Kontijensi Akibat Covid-19

TARAKAN – Satuan Brimob Polda Kalimantan Utara laksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka mengantisipasi situasi terburuk yang diakibatkan pandemic Covid-19 yang melanda di seluruh Dunia. Apel Gelar Pasukan dilaksanakan di Mako Satbrimob Polda Kaltara, Kota Tarakan, Senin (20/04/2020).

Apel yang dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Brimob Polda Kaltara, Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK tersebut diikuti dan dilaksanakan serentak di Jajaran Satbrimob Polda Kaltara. Dalam sambutannya, Dansat Brimob Polda Kaltara, Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK, mengatakan, apel ini bertujuan untuk mengecek dan menghimpun kekuatan untuk berpartisipasi dalam usaha penanggulangan konflik yang terjadi di tengah pandemic Covid-19 di wilayah Provinsi Kalimantan Utara.

Tidak bisa dipungkiri situasi pandemic covid-19 ini membuat panik sejumlah masyarakat. Serta imbauan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah membuat sebagian masyarakat yang mampu membeli bahan makanan secara berlebih untuk stok pribadi dan mengakibatkan persediaan bahan makanan di pasar berkurang.

Baca Juga :  Penyitas HIV/AIDS, Sarat Diskriminasi Masyarakat dan Minim Pelayanan Kesehatan

“Kemungkinan terburuk jika barang-barang atau bahan makanan habis adalah penjarahan, untuk itu kami siap siaga untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk tersebut,” jelas Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK.

Dalam kesempatan tersebut, Dansat Brimob juga menggelar TFG atau Tactical Floor Game untuk mengetahui situasi wilayah yang menjadi titik back up Brimob Kaltara. Kegiatan ini juga bertujuan agar setiap pasukan mengerti serta paham dengan tugas dan perannya masing-masing.

Baca Juga :  Pelaku Pengeroyokan Berakhir Penikaman Berhasil Ditangkap

“Selain menggelar peralatan dan dilaksanakan pengecekan, kita juga laksanakan simulasi penanganan rusuh masa, kita siapkan personel PHH, Anti Ananrkis, Perlawanan Teror, dan Unit Jibom untuk dilatih serta kita laksanakan juga TFG atau Tactical Floor Game demi kesiapsiagaan kita menghadapi situasi terburuk karena pandemic covid 19,” tambah Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK

Apel gelar pasukan dan simulasi penanganan aksi rusuh masa ini juga menjadi suatu bentuk kesiapan dan ketanggapan Brimob Polda Kalmantan Utara dan Intasi terkait dalam mengantisipasi musim hujan yang mulai tiba, pengecekan personel dan peralatan serta meningkatkan kemampuan agar setiap saat siap digunakan.

Baca Juga :  Hujan Bakal Guyur Tarakan dari Malam Hingga Pagi, Masyarakat Diminta Waspada

“Kami semua berharap agar pandemic covid-19 ini segera selesai, situasi kembali normal, dan kehidupan sosial bermasyarakat di dunia ini juga kembali seperti semula. Untuk itu kami mengajak masayarakat untuk tetap tenang, ikuti imbauan pemerintah, dan selalu jaga kesehatan,” tutup Komandan Satuan Brimob Polda Kaltara, Kombes Pol Heri Sulesmono, SIK.(*)

 

Sumber: Sat Brimod Polda Kaltara

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *