Ada Penularan Baru di Luar Klaster JT Gowa, Transmisi Lokal Tunggu Keputusan Kemenkes

NUNUKAN – Sebanyak 15 orang hasil Swab dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Di antaranya ada 9 orang hasil dari rapid test positif.

Dari 15 orang yang dinyatakan positif hari ini, ada 3 anak berusia 14 tahun merupakan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang keempat. Dalam artian ada klaster baru dengan keberadaan anak-anak tersebut.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1539 votes

“Kita sudah melakukan analisis, kasus ini di luar klaster (Jemaah Tablig {JT}) Gowa, ini merupakan penularan dari klaster Gowa. Ketika lebih dari satu kita bisa menganalisa generasi kedua, bahkan generasi ketiga. Tugas kita adalah menyampaikan laporan ke provinsi termasuk kronologi pasiennya, untuk penentuan apakah kita masuk tranmisi lokal atau tidak. Itu dari Kementerian Kesehatan akan kita tunggu satu atau dua hari kedelapan,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nunukan, Aris Suyono, Ahad (19/4/2020).

Baca Juga :  Potensi Hujan Lebat hingga Petir Masih Terjadi di Kaltara 

Sedangkan sampel yang dikirim ke BBLK Surabaya oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Nunukan sebanyak 48 sampel, hasil Swab yang masih ditunggu ada 24 sampel. Di antaranya 20 dari Rusunawa, dan 4 sampel dari monitoring pasien konfirmasi positif Covid-19. “Semoga hasilnya negatif, jika dua kali dikatakan negatif maka bisa diyatakan sembuh,” jelasnya.

Baca Juga :  Baznas Kaltara Siapkan 18 Ton Beras untuk Mustahik

Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan dibantu oleh Puskesmas telah bergerak melakukan tracing kembali, dengan adanya 15 orang yang dinyatakan positif Covid-19.(*)

 

Reporter: Darmawan
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *