Gugus Tugas Kaltara Menunggu Hasil 84 Spesimen yang Dikirim ke Surabaya

TANJUNG SELOR – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltara kembali melaksanakan rilis perkembangan Covid 19 di setiap kabupaten kota di Kaltara. Baik dari ODP, OTG, PDP hingga kasus positif.

Dia mengatakan, saat ini ODP berjumlah 196 orang tersebar  keseluruh daerah dengan kondisi saat ini mengalami penurunan dari hari sebelumnya.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1544 votes

“Untuk Tarakan ada 84 orang, Malinau ada 21 orang, Nunukan ada 43 orang, KTT ada 23 orang dan Bulungan ada 25 orang,” ucap Jubir Gugus Tugas Provinsi Kaltara Agust Suwandy kepada benuanta.co.id, Senin 13 April 2020.

Baca Juga :  Baznas Kaltara Siapkan 18 Ton Beras untuk Mustahik

Laporan OTG di Kaltara hari ini sebanyak 207 orang, untuk Tarakan ada 122 orang, Malinau ada 1 orang, Nunukan ada 52 orang, KTT tidak ada dan Bulungan ada 32 orang.

Kemudian PDP sampai saat ini berjumlah 30 orang, di Tarakan ada 7 orang, Malinau ada 8 orang di mana 1 orang dirujuk ke RSD Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor, Nunukan ada 5 orang, KTT ada 2 orang dirujuk ke RSD Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor dan Bulungan ada 8 orang.

“Untuk laporan konfirmasi positif hingga hari ini belum ada penambahan, masih di angka 16 orang dengan 1 yang meninggal dunia, yakni 9 orang di Tarakan, Malinau tidak ada, Nunukan ada 4 orang, KTT tidak ada dan Bulungan ada 3 orang,” sebutnya.

Baca Juga :  Gubernur Kaltara: THR Lebaran Harus Cair Tepat Waktu

Kata dia, hari ini pemeriksaan sampel di Kaltara belum bisa dikirimkan dari BBLK Surabaya karena ada kendala. Tetapi hari ini BBLK menginformasikan bahwa pemeriksaan sudah dimulai lagi.

“Info dari BBLK Surabaya bahwa hari ini mereka sudah mendapatkan reagen pemeriksaan dari Litbangkes. Sehingga pemeriksaan akan mulai normal lagi,” jelasnya.

Agust mengatakan, Kaltara telah mengirim setidaknya 84 spesimen yang menunggu hasil. Dirinya berharap dari 84 spesimen tersebut tidak ada hasil yang positif.

Adapun rinciannya Tarakan ada 17 spesimen, Malinau ada 6 spesimen, Nunukan ada 26 dan Bulungan ada 35 spesimen. “Kita berharap spesimen dari Kaltara cepat diketahui hasilnya agar segera menentukan tindakan selanjutnya,” bebernya.

Baca Juga :  Potensi Hujan Lebat hingga Petir Masih Terjadi di Kaltara 

Dalam waktu dekat ini Gugus Tugas akan kembali mengirimkan sampel khususnya dari jemaah tablig asal Tarakan, Nunukan dan Bulungan. “Dari sampel itu memang paling banyak dari cluster jemaah tablig,” paparnya.

Dirinya mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kewaspadaan, perilaku hidup bersih dan sehat, berolahraga, memakan makanan bergizi, rajin mencuci tangan dan selalu menggunakan masker. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *