oleh

Hasil Swab Belum Keluar, 38 Orang Diperpanjang Karantina di Rusunawa

NUNUKAN – Sebanyak 38 orang di Karantina di rusunawa sudah memasuki hari ke-14. Namun, tim gugus terutama tim teknis kesehatan, masih mempertimbangkan untuk perpanjangan masa karantina dengan beberapa pertimbangan.

Dikatakan Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nunukan, Aris Suyono, hasil swab terhadap 20 orang hingga hari ini belum keluar dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya. Ini dikhawatirkan jika ada yang dinyatakan positif, tim akan kesulitan untuk melaksanakan tracing ulang jika mereka dipulangkan.

Sedangkan pertimbangan lainnya untuk pemeriksaan Rapid test yang terutama dengan hasil negatif, berdasarkan dengan pedoman pemeriksaan rapid test dapat diulang dalam jangka waktu 7 hingga 14 hari. “Kita merencanakan pemeriksaan ulang terhadap rapid test yang negatif, yang ada di Rusunawa,” kata Aris, Sabtu (11/4/2020).

Untuk perkembangan sampel 9 orang yang telah dikirim ke laboratorium Surabaya juga belum ada hasil hingga saat ini. Baru satu pasien PDP meninggal yang hasilnya disampaikan lebih dulu. Dia katakan, itu pun pemberitahuan melalui WhatsApp, secara resmi belum keluar.

“Informasi terbaru yang kita dapatkan saat ini, laboratorium kesehatan Surabaya mengalami kekosongan Reagen untuk uji lab, kemungkinan ada keterlambatan dalam pemeriksaannya, termasuk dari kabupaten Nunukan. Sudah 26 sampel telah kita kirimkan dan akan ada keterlambatan,” jelasnya.

Dari 9 orang yang dinyatakan rapid test positif di rusunawa, tiga di antaranya sudah berada di ruang isolasi RSUD Nunukan. Nerdasarkan hasil pemeriksaan foto thorax memang ada pneumonia. “Kemudian sisanya itu kita pisahkan ruangannya di rusunawa, artinya kita menjaga juga untuk mengurangi kontak dengan yang lainnya,” terangnya.(*)

Update Covid-19 di Nunukan per 11 April 2020

ODP Baru : 0
ODP selesai dipantau : 161 orang
ODP masih dipantau : 50 orang
ODP positif : 2 orang orang
ODP masih dirawat : 4 orang

OTG masih di pantau : 52 orang

PDP sembuh : 1 orang
PDP masih dirawat : 5 orang
PDP Positif : 2 orang
PDP Negatif : 2 orang
PDP meninggal : 1 orang

Konfirmasi Positif : 4 orang
Total yang masih dirawat di RSUD Nunukan 13 orang

ODP MASIH DI PANTAU
Nunukan = 27
Nunukan Selatan = 6
Krayan = 1
Krayan Timur = 1
Seimenggaris = 2
Lumbis Pansiangan = 1
Sebatik Timur = 1
Sebatik Tengah = 5
Sebatik Barat = 2
Sebatik = 2
Sebatik Utara = 2
TOTAL ODP = 50

 

Reporter: Darmawan
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed