Rumah Sakit Rujukan di Kaltara Ditambah Jadi 5, RS Swasta Juga Dipersiapkan

TANJUNG SELOR – Agar penanganan pasien covid-29 di Kaltara bisa maksimal, maka telah ditambah dua lagi rumah sakit rujukan (RS). Sehingga saat ini ada 5 rumah sakit rujukan melalui keputusan Gubernur Kaltara.

“Yang sudah ada yakni RSUD Provinsi di Tarakan dapat menampung 70 orang untuk diisolasi, dan RSD Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor bisa menampung sebanyak 13 orang diisolasi,” ungkap Jubir Covid Provinsi Kaltara Agust Suwandy kepada benuanta.co.id, Rabu 8 April 2020.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1244 votes

Kemudian RSUD Nunukan yang sebelumnya ditetapkan untuk jadi RS rujukan, yang bisa menampung 12 orang untuk diisolasi. Kemudian tambahan baru RS rujukan adalah Rumah Sakit Umum Kota Tarakan (RSUKT) dan RSUD Malinau.

Baca Juga :  Gubernur akan Cover Jaminan Ketenagakerjaan Para Ojek hingga PK5

RSUKT total yang bisa menampung sebanyak 16 orang, dan akan dikembangkan lagi dengan menambah beberapa fasilitas untuk isolasi. Kemudian RSUD Malinau yang saat ini bisa menampung 24 orang untuk diisolasi, dan juga rencananya akan dikembangkan lagi. “Sampai saat ini memungkinkan untuk isolasi sebanyak 135 orang (di semua RS rujukan),” ucapnya.

Tak hanya itu, saat ini juga sedang dipersiapkan rumah sakit swasta, yakni RS Ilyas TNI AL, yang bisa menampung 6 orang untuk diisolasi. “Serta RS Pertamedika telah siap dengan kapasitas 2 orang,” sambungnya.

Gugus Tugas juga mempersiapkan laboratorium di Kaltara untuk memungkinkan melakukan tes Covid-19, yakni RSUD Provinsi, dengan metode tes cepat molekuler (TCM). Saat ini dipersiapkan dengan menunggu ketersediaan Cartridge khusus untuk pemeriksaan Covid-19. Di mana TCM ini biasanya hanya memeriksa TBC dan HIV.

Baca Juga :  Hujan Ringan Disebabkan MJO Terpantau Aktif di Wilayah Kalimantan

“Saat ini masih dikoordinasikan dengan pusat, sehingga laboratorium di Kaltara bisa memeriksa beberapa sampel untuk diseleksi lagi, dan tidak semua sampel dikirim ke BBLK Surabaya,” bebernya.

Sementara update covid-19 di Kaltara, untuk ODP se-Kaltara sebanyak 293 orang. Rinciannya di Tarakan ada 93 orang, Malinau ada 32 orang, Nunukan ada 77 orang, KTT ada 54 orang dan Bulungan ada 32 orang.

Orang tanpa gejala (OTG) ada 194 orang tersebar di Provinsi Kaltara. 129 orang di Tarakan, 1 orang di Malinau, 33 di Nunukan, KTT tidak ada dan 31 orang di Bulungan.

Baca Juga :  Buka Puasa Bersama Ojol hingga Buruh, Gubernur Zainal Salurkan Bantuan

“Lalu PDP hari ini ada 21 orang, tersebar di RSUD Tarakan ada 5 orang, di RSUD Malinau ada 6 orang, di RSUD KTT ada 2 orang dirujuk ke RSD Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor dan 2 orang di Bulungan,” tuturnya.

Konfirmasi positif masih sama dengan yang kemarin dengan jumlah 16 orang positif. 9 orang di RSUD Tarakan, 4 orang di RSUD Nunukan dan 3 orang di Bulungan.

“Kita saat inipun belum menerima hasil sampel yang sudah dikirim ke BBLK Surabaya, baik positif maupun yang negatif,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi
Editor : M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *