7 Pasien Covid-19 di Kaltara Kondisinya Membaik dan Stabil

GUGUS TUGAS KEMBALI TEMUKAN 2 ORANG POSITIF CLUSTER JEMAAH TABLIG TARAKAN

TANJUNG SELOR – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltara kembali melaporkan hasil perkembangan Covid-19 di Kaltara. Berdasarkan laporan dari kabupaten kota di Kaltara, Gugus Tugas Covid 19 Kaltara mendapatkan laporan hingga saat ini untuk orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 331 orang.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Dengan rincian di Kabupaten Nunukan ada 85 orang, di Kabupaten Malinau ada 58 orang, Kabupaten Bulungan ada 35 orang, di Kota Tarakan ada 95 orang dan Kabupaten Tana Tidung ada 58 orang,” ungkap Jubir Covid 19 Provinsi Kaltara Agust Suwandy kepada benuanta.co.id, Ahad 5 April 2020.

Pihaknya juga mengumpulkan data orang tanpa gejala (OTG), data OTG di Kaltara untuk Kabupaten Nunukan ada 15 orang, kabupaten Malinau ada 2 orang, Kabupaten Bulungan ada 49 orang, Kota Tarakan ada 31 orang dan KTT tidak ada.

Baca Juga :  Safari Ramadan, Wakil Gubernur Yansen TP Sambut Baik Kedatangan Pangdam VI/Mulawarman

“OTG ini memang tidak ada gejala yang terlihat tapi memiliki risiko tertular konfirmasi Covid 19 dan ini merupakan kontak erat,” bebernya.

Untuk data PDP sebanyak 14 orang di Kaltara, 1 PDP di Nunukan, 6 PDP di Malinau, 1 PDP di Bulungan, 4 PDP di Tarakan dan 2 PDP Tana Tidung. “Semua yang PDP ini sudah dilakukan perawatan isolasi di rumah sakit,” jelasnya.

Yang positif ada 8 orang dengan 7 dilakukan perawatan, 1 meninggal dunia, khusus positif yang sembuh saat ini belum ada. Hanya saja Gugus Tugas sudah mengirimkan satu sampel follow up untuk kasus positif pertama yang ada di Tarakan.

“Kita telah menerima hasilnya untuk pemeriksaan swab-nya dengan hasil negatif. Ini akan dilakukan pengiriman sampel satu kali lagi jika negatif lagi maka pasien yang ada di Tarakan ini dinyatakan sembuh,” ucap pria yang pernah menjabat Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kaltara ini.

Baca Juga :  Baznas Kaltara Siapkan 18 Ton Beras untuk Mustahik

Agust mengatakan, untuk yang positif terjangkit Covid 19 ada 2 tambahan lagi. Itu dari cluster jemaah tablig dari Kota Tarakan dengan inisial SA (39) jenis kelamin laki-laki dan RK (23) jenis kelamin laki-laki. “Yang lainnya juga sudah dilakukan pengiriman sampel ke BBLK Surabaya dan tinggal menunggu hasilnya,” ujarnya.

“Kami sampaikan untuk jemaah tablig yang tersebar di 4 kabupaten 1 kota sudah dilakukan pemantauan dan karantina, di Nunukan ada 47 orang, Bulungan ada 21 orang, di KTT ada 2 orang, di Tarakan ada 42 orang dan Malinau ada 2 orang totalnya 114 orang,” sambungnya.

Gugus Tugas juga melaporkan dari 7 pasien yang terkena konfirmasi positif di Kaltara semua pasien dalam kondisi stabil dan cenderung membaik. “Untuk pasien di Bulungan dalam waktu dekat juga akan dilakukan pengambilan swab kembali dan dikirimkan ke BBLK Surabaya,” paparnya.

Baca Juga :  Buntut Konten, Waria Luna Syantik Diputus Pidana Penjara 10 Bulan

Sebelumnya sudah dibuka posko untuk konsultasi dan pemeriksaan Covid 19 di BKPSDM Bulungan, mulai sabtu 4 April 2020. Setelah itu mendapatkan orang dengan status OTG, ODP, pelaku perjalanan atau lainnya sejumlah 148 orang yang melaporkan dan datang ke posko. “Sebagian sudah kita lakukan rapid test dan tidak ada yang didapatkan hasil yang positif,” tuturnya.

Dirinya juga mengimbau jika ada kontak dengan kasus konfirmasi positif atau melakukan perjalanan dari daerah transmisi lokal atau zona merah agar melapor ke petugas. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *