Puluhan Warga Discreening, Termasuk yang Ikut Pemakaman Pasien Covid-19

TANJUNG SELOR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), mengambil tindakan preventif setelah mengetahui seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 yang meninggal di RSD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor, Rabu (1/4/2020). Dinyatakan positif terjangkit virus corona (covid-19) setelah menerima hasil uji laboratorium kesehatan Surabaya, kamis (2/4/2020).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bulungan, Imam Sujono kepada benuanta.co.id mengatakan, pihaknya saat ini akan melakukan penelusuran terhadap warga yang pernah kontak langsung dengan pasien 02 yang meninggal dunia di usia 52 tahun itu.

“Kita sudah melakukan tracking terhadap warga yang pernah kontak langsung dengan almarhum (pasien 02), sekitar 80 hingga 100 orang yang kita screening termasuk mereka yang hadir di acara pemakamannya,” ungkapnya, Jumat (3/4/2020).

Baca Juga :  Sidak Takjil hingga Produk Tanpa Izin Edar Sasar Pasar dan Ritel di Bulungan  

Dijelaskannya, screening yang dilakukan dapat berupa pengecekan suhu tubuh dan pengecekan apakah warga yang datang masuk dalam kriteria penyakit yang diakibatkan virus Corona. Hasil dari screening tersebut akan ditentukan warga tersebut masuk dalam status aman atau orang dalam pemantauan (ODP).

“Besok (4/4/2020), rencananya hasil screening yang sudah dilakukan juga dilakukan Rapid test, kegiatannya dilaksanakan di halaman gedung diklat atau DPSDM Kabupaten Bulungan, kita belum melakukan karantina kemungkinan hanya melakukan isolasi mandiri,” jelasnya.

Baca Juga :  Ramp Check Speedboat Baru Dilakukan di Dua Daerah

Untuk diketahui berdasarkan data pemantauan covid-19 di Kabupaten Bulungan per 3 April 2020, Dinas Kesehatan Bulungan merilis Orang Dalam Pemantauan (ODP) 29 orang, Pasien Dalam pengawasan (PDP) 3 orang sementara pada pukul 17.00 wita terdapat tambahan 2 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan 1 meninggal dunia.(*)

 

Reporter: Victor Ratu/Heri Muliadi
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *