Akibat Corona, PT. Sadewa Group Kurangi 8 Keberangkatan Speedboat

TARAKAN – Akibat virus corona (Covid-19) yang tengah mewabah di Kaltara, berdampak pada perekonomian masyarakat. Salah satunya adalah usaha transportasi speedboat. Hal ini juga yang dirasakan PT. Sadewa Group.

Disampaikan Pimpinan Perusahaan PT. Sadewa Group, H. Tamin, akibat wabah ini, membuat jumlah penumpang menurun. Sehingga pihaknya harus mengurangi jumlah keberangkatan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1565 votes

Jika sebelumnya Sadewa melayani perjalanan hingga 10 kali perjalanan, akibat penumpang menurun akibat corona, saat ini hanya sisa dua perjalanan saja yang dipertahankan. Yakni rute Tarakan-Nunukan satu keberangkatan (pulang pergi atau PP) dan Tarakan-Sebatik 1 keberangkatan (pulang pergi).

Baca Juga :  Curi Motor untuk Biaya Pulang Kampung, MR Diciduk Polisi  

“Biasanya ke Nunukan lima kali, yakni berangkat pukul 07.15, pukul 08.00, 12.00, 14.30, dan 15.00. Sekarang tinggal satu kali saja berangkat, yakni jam 17.15 saja, yang lain dipending. Sedangkan yang tujuan Sebatik pukul 13.30,” jelasnya.

Dijelaskan H. Taming, akibat jumlah penumpang menurun, membuat pendapatan tidak seimbang dengan biaya operasional. Akibat bengkaknya biaya operasional, membuat pihaknya merugi terus menerus. Sehingga PT. Sadewa Group mengambil kebijakan mengurangi jumlah keberangkatan sejak satu bulan belakangan.

Baca Juga :  Besok Pasar Murah Dibuka di Pasar Agathis, Pembeli Khusus Pemilik Kupon

Jika biasanya penumpang selalu terisi, saat ini penumpang hanya sekitar 5-10 orang saja. Paling banyak kadang hanya sampai 20 penumpang dalam satu keberangkatan. Hal itu menurut H. Taming tak bisa menutupi biaya operasioal.

Saat ini sebanyak 8 speedboat Sadewa pun sudah tidak beroperasi melayani keberangkatan penumpang. Di antaranya 4 speedboat yang biasa melayani rute Tarakan-Nunukan (PP), 2 speedboat rute Tarakan-Sebatik (PP), 1 unit speedboat rute Tarakan-Tanjung Selor (PP), dan 1 speedboat rute Tarakan-Bunyu (PP). “Jadi ada 8 speedboat yang dikandangkan,” ujarnya.

Baca Juga :  MUI Minta Aparat Tak Ragu Tindak THM yang Nekat Buka Selama Ramadan

Atas kebijakan dari PT. Sadewa Group ini, H. Tamin selaku pimpinan pun memohon kepada masyarakat untuk dapat memakluminya. “Semoga saja semua kembali normal, virus corona segera berlalu dan perekonomian warga hidup lagi. Karena yang kena dampak bukan masyarakat dan pengusaha, pemerintah juga,” harapnya.(*)

 

Reporter: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *