oleh

Akibat Corona, PT. Sadewa Group Kurangi 8 Keberangkatan Speedboat

TARAKAN – Akibat virus corona (Covid-19) yang tengah mewabah di Kaltara, berdampak pada perekonomian masyarakat. Salah satunya adalah usaha transportasi speedboat. Hal ini juga yang dirasakan PT. Sadewa Group.

Disampaikan Pimpinan Perusahaan PT. Sadewa Group, H. Tamin, akibat wabah ini, membuat jumlah penumpang menurun. Sehingga pihaknya harus mengurangi jumlah keberangkatan.

Jika sebelumnya Sadewa melayani perjalanan hingga 10 kali perjalanan, akibat penumpang menurun akibat corona, saat ini hanya sisa dua perjalanan saja yang dipertahankan. Yakni rute Tarakan-Nunukan satu keberangkatan (pulang pergi atau PP) dan Tarakan-Sebatik 1 keberangkatan (pulang pergi).

“Biasanya ke Nunukan lima kali, yakni berangkat pukul 07.15, pukul 08.00, 12.00, 14.30, dan 15.00. Sekarang tinggal satu kali saja berangkat, yakni jam 17.15 saja, yang lain dipending. Sedangkan yang tujuan Sebatik pukul 13.30,” jelasnya.

Baca Juga :  Manfaatkan Hari Libur, Babinsa Koramil 0907/03 Tarbar Dan Warga Bersihkan Saluran Air

Dijelaskan H. Taming, akibat jumlah penumpang menurun, membuat pendapatan tidak seimbang dengan biaya operasional. Akibat bengkaknya biaya operasional, membuat pihaknya merugi terus menerus. Sehingga PT. Sadewa Group mengambil kebijakan mengurangi jumlah keberangkatan sejak satu bulan belakangan.

Jika biasanya penumpang selalu terisi, saat ini penumpang hanya sekitar 5-10 orang saja. Paling banyak kadang hanya sampai 20 penumpang dalam satu keberangkatan. Hal itu menurut H. Taming tak bisa menutupi biaya operasioal.

Saat ini sebanyak 8 speedboat Sadewa pun sudah tidak beroperasi melayani keberangkatan penumpang. Di antaranya 4 speedboat yang biasa melayani rute Tarakan-Nunukan (PP), 2 speedboat rute Tarakan-Sebatik (PP), 1 unit speedboat rute Tarakan-Tanjung Selor (PP), dan 1 speedboat rute Tarakan-Bunyu (PP). “Jadi ada 8 speedboat yang dikandangkan,” ujarnya.

Baca Juga :  Aplikasi Layanan Baru, PLN Ajak Masyarakat Gunakan New PLN Mobile

Atas kebijakan dari PT. Sadewa Group ini, H. Tamin selaku pimpinan pun memohon kepada masyarakat untuk dapat memakluminya. “Semoga saja semua kembali normal, virus corona segera berlalu dan perekonomian warga hidup lagi. Karena yang kena dampak bukan masyarakat dan pengusaha, pemerintah juga,” harapnya.(*)

 

Reporter: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed