Psikolog Himpsi Kaltara Berbagi Tips Menghadapi Virus Corona

TARAKAN – Di tengah pandemi Viruscorona Desease 2019 (Covid-19), selain mendukung upaya pemerintah, masyarakat pun harus memiliki cara-cara untuk menghadapinya.

Berikut ini tips menghadapi Covid-19 yang dibagikan psikolog dari Himpunan Psikologi wilayah Kaltara, Ferdiana Suniya Prawesti, M. Psi., Psikolog.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1585 votes

1. Positive thinking, fokus dan arahkan pikiran ke hal-hal positif ya. Dengan begitu kita akan terhindar dari pikiran yang negatif dan tidak sehat.

Baca Juga :  Pertamina Tambah Kuota BBM dan LPG untuk Kebutuhan Ramadan hingga Lebaran

2. Tetap waspada dan ketahuilah bahwa merasa cemas saat ini adalah hal yang normal. Cemas muncul ketika kita dihadapkan dengan suatu keadaan yang “menekan’ atau “tertekan” dan ketidaksiapan dalam menghadapi suatu situasi yang baru. Jika merasa cemas berIebih, jangan ragu untuk minta bantuan ke psikolog atau profesional lainnya.

3. Membatasi dan momfilter berita/wacana seputar virus corona. Pilihlah sumber-sumber berita yang terpercaya dan hindari mencari berita/wacana secara berlebihan. Hal ini akan berdampak meningkatkan rasa cemas, panik dan bahkan bisa menyebabkan psikosomatis.

Baca Juga :  Harga Telur Ayam Ras Mulai Tembus Rp 72 Ribu

4. Ikuti arahan, intruksi dan anjuran pemerintah dalam penanganan virus corona. Seperti physical distancing, self-isolation#dirumahaja menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta
menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

5. Jangann ragu untuk tetap berhubungan dengan teman, rekan, atau kerabat ya meskipun untuk bertukar kabar ataupun membahas pembicaraan Iainnya. Ingat ya, kita perlu menjaga jarak fisik bukan jarak sosial.

Baca Juga :  DKP Kaltara Tes Kandungan Formalin pada Ikan di Tiga Pasar Tradisional Tarakan

6. Ingat untuk selalu berdoa dan beribadah. (*)

Reporter: Ramli
Editor : Nicky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *