oleh

Tahap Pertama, 1.420 Rapid Test Sudah Didistribusikan di Kaltara

HASIL RDT COVID-19 GUBERNUR KALTARA NEGATIF

TARAKAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kaltara telah mendistribusikan sebanyak 1.420 alat Rapid Diagnostic Test (RDT) Covid-19 pada tahap pertama di Kaltara.

Bantuan dari Kemenkes RI ini sebanyak 2.400 strip test yang diterima pada 26 Maret 2020 lalu.

Menurut Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Kaltara, Agust Suwandi, pada tahap pertama 1.420 telah didistribusikan ke Dinas Kesehatan 4 kabupaten dan kota, 2 RSUD milik Pemprov Kaltara dan Klinik Pemprov Kaltara.

“Distribusi RDT mempertimbangkan kebutuhan untuk sasaran yang akan dites Covid-19. Stok di Dinkes Kaltara nantinya akan didistribusikan secara bertahap dan tetap memperhatikan efesiensi penggunaan,” ungkap Agust.

Baca Juga :  DPRD Kaltara Setujui Perda Nomor 2/2018 tentang PT Migas Kaltara

Prioritas penggunaan RDT Covid-19 di Kaltara mengacu pada pedoman pencegahan dan pengendalian Kemenkes RI yakni untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 yang tidak bergejala.

“Pertimbangan lain penggunaan RDT bagi orang yang berisiko tinggi membawa tranmisi Covid-19 ke orang lain atau masyarakat luas, untuk mencegah terjadinya tranmisi massal,” tandasnya.

Baca Juga :  Kadin Serahkan 150 Tabung Oksigen kepada Pemprov Kaltara

Sementara itu, Agust juga mengklarifikasi terkait isu di media sosial alat Rapid Test diduga dipakai pejabat. Menurut Agust, hal itu wajar untuk memastikan kondisi kesehatan kepala daerah dan orang di sekitar kepala daerah.

“Wajarlah kalau kita juga ingin melindungi pimpinan tertinggi kita di Kaltara, kita ingin pastikan beliau tidak terpapar. Karena kalau pejabat sampai kena maka orang sekitarnya juga kan bisa terjangkit. Makanya orang-orang di sekitar pak Gubernur juga harus dipantau,” ungkapnya.

Baca Juga :  Insentif Guru Terpotong 3 Bulan, Gubernur Sebelumnya Tak Anggarkan Tahun Lalu

Dari hasil RDT Gubernur Kaltara dan orang-orang di sekitarnya hasilnya negatif. “Alhamdulillah dengan rapid test negatif semua,” pungkasnya.

Data Rapid Test yang Telah Didistribusikan Pada Tahap I :

1. Dinas Kesehatan Kota Tarakan : 200
2. RSUD Kaltara di Tarakan : 500
3. Dinas kesehatan Bulungan : 200
4. RSUD Bulungan : 200
5. Dinas kesehatan Malinau : 100
6. Dinas Kesehatan Nunukan : 100
7. Dinas kesehatan KTT : 60
8. Klinik Pemprov Kaltara : 60

Sumber Data: Dinkes Kaltara

Reporter: Ramli
Editor : Nicky

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed