PM Malaysia: “Lockdown” Sebagian Diperpanjang Hingga 14 April

KUALA LUMPUR – Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengumumkan lockdown (karantina wilayah) sebagian, yang disebut sebagai  Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) dan diberlakukan pada 18-31 Maret, akan diperpanjang hingga 14 April.

“Saya telah diberikan informasi oleh Kementerian Kesehatan dan Majelis Keselamatan Negara. Tren saat ini menunjukkan kasus-kasus positif COVID-19 yang baru masih terjadi,” kata Muhyiddin dalam pidato khusus yang disiarkan langsung televisi pemerintah di Putrajaya, Rabu.

Dia mengatakan tren itu diprediksi akan berlangsung terus untuk beberapa saat, sebelum kasus-kasus baru virus corona mulai berkurang, sehingga menuntut pemerintah untuk meneruskan PKP lebih lama.

Baca Juga :  Biden Peringatkan Netanyahu 'Berpikir Hati-hati' Sebelum Tanggapi Iran

“Sehubungan itu, pemerintah telah memutuskan waktu Perintah Kawalan Pergerakan akan dilanjutkan hingga 14 April 2020,” katanya.

Muhyiddin mengatakan dirinya menginformasikan waktu lebih awal supaya masyarakat dapat mempersiapkan diri.

“Anda yang berada di kampung tak perlu bergegas balik ke Kuala Lumpur akhir minggu ini. Duduklah dulu di kampung dan jangan ke mana-mana. Anak-anak yang sepatutnya balik ke asrama, tak perlu balik ke asrama lagi. Tunggu dulu,” katanya.

Baca Juga :  Palestina Kecam Veto AS yang Halangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Dia mengatakan kantor-kantor yang masih ditutup belum perlu dibuka lagi.

Sejumlah perkantoran perbankan, termasuk Mandiri International Remittance (MIR), juga ditutup mulai (19/3) sehingga warga Indonesia (WNI) yang ingin mengirimkan uang ke Indonesia harus melakukan transfer daring melalui bank lokal yang bekerja sama dengan Mandiri.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *