Olimpiade Ditunda, Kejuaraan Atletik Dunia Bisa Geser ke 2022

KETUA Worlds Athletics, federasi atletik dunia, Sebastian Coe menegaskan bahwa kejuaraan atletik dunia di Eugene bisa digeser ke 2022 sebagai konsekuensi dari Olimpiade Tokyo 2020 ditunda selama satu tahun karena pandemi virus corona.

“Kami sudah mambahas bersama komite penyelenggara di Oregon mengenai pergeseran tanggal dan mungkin bahkan membahas pergeserannya ke 2022 demi mengakomodasi kebutuhan Olimpiade tahun depan,” kata Coe kepada televesi Sky Sports seperti dikutip Reuters. Rabu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1576 votes

“Kita semua harus fleksibel, kita hidup pada waktu yang sangat tidak menentu dan hal ini membuat banyak berpikir,” sambung presiden World Athletics tersebut.

Baca Juga :  IMI Kaltara Pilih Jatim Sebagai TC Atlet Sebelum Laga PON XXI Aceh-Sumut

Setiap keputusan mengenai tanggal harus menunggu Komite Olimpiade Internasional mengumumkan secara pasti kapan Olimpiade Tokyo diselenggarakan.

IOC sudah menyatakan penundaan Olimpiade Tokyo yang sedianya berlangsung dari 24 Juli sampai dengan 9 Agustus itu tidak akan melebih dari musim panas 2021.

Menggeser kejuaraan atletik dunia ke 2022 juga selaras dengan kemauan Eugene kota ini menjadi penyelenggara uji coba tim Olimpiade AS karena hampir pasti diubah ke 2021.

Baca Juga :  Muhammad Ferarri dan Rachmat Irianto Susul Timnas ke Vietnam

Menggelar dua event pada tahun yang sama sudah tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kota di Oregon yang berpenduduk 170.000 jiwa tersebut.

Coe, yang pernah mengetuai komite penyelenggara Olimpiade London 2012, menyatakan keputusan penundaan Olimpiade Tokyo sudah tepat sekalipun hal itu membuat penyusunan kalender olahraga menjadi tugas yang berat.

“Dunia sedang dalam situasi yang sungguh sangat sulit dan berbahaya. Olahraga tidak jauh berbeda dan keputusan yang diambil IOC hari ini, bersama dengan Tokyo, merupakan keputusan yang benar sekali,” peraih medali emas lari 1.500 meter putra Olimpiade 1980 dan 1984 itu.

Baca Juga :  Jay, Ragnar, dan Sananta Bawa Indonesia Berpesta 3-0 Lawan Vietnam

“Kami sudah menyurati Komite Olimpiade Internasional Minggu setelah saya bertemu dengan semua semua presiden kontinental, saya sudah berbicara panjang lebar kepada dewan saya dan para atlet,” kata Coe.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *