Lanal Nunukan Mendapatkan Alutsista Canggih Berupa Sea Rider

NUNUKAN – Karya anak bangsa kembali mengisi kekuatan maritim di Indonesia, kali ini pangkalan TNI AL Nunukan mendapatkan tambahan alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) berupa Sea Rider yang merupakan buatan PT. Lundin Industry Invest.

Penyerahan Sea Rider itu dilaksanakan langsung Pjs. Pasops Lanal Nunukan, Lettu Laut (P) Nanang Setyo Budi di Pelabuhan Umum Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Selasa (23/3) kemarin. Alutsista itu langsung diadakan pengujian menuju Mako Lanal Nunukan.

Sea Rider Lanal Nunukan dilengkapi dengan 2 mesin gantung merk Yamaha 300 PK dan mampu menempuh kecepatan maximal 60 knot di atas permukaan laut. Selain itu Sea Rider Lanal Nunukan juga dilengkapi dengan alat Navigasi yang cukup canggih mulai dari pemasangan radar, AIS (Automatic Identification System) sampai dengan Thermal Camera (Kamera pendeteksi Temperatur).

Baca Juga :  Dua PMI Kabur dari Malaysia, Ngakunya Gaji Tak Sesuai Perjanjian 

“Sea Rider kita bisa mendeteksi musuh walaupun minim penerangan atau dalam kegelapan. Selain itu Sea Rider kita juga mampu melaju melebihi kecepatan speedboat yang ada di wilayah perbatasan, sehingga diharapakan Lanal Nunukan mampu menjaga wilayah kedaulatan teritorial laut Indonesia bagian Utara Kalimantan dan sekaligus dapat menjawab segala ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang semakin kompleks,” kata Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Anton Pratomo, SE., Mtr. Hanla.

Baca Juga :  Listrik Padam di Nunukan Disebabkan Monyet

Kedepannya Sea Rider juga akan dilengkapi dengan senjata kaliber 7,65 MM yang dipasang di haluan Sea Rider. (*)

 

Reporter: Darmawan

Editor : Nicky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *